Kompas.com - 23/12/2013, 16:24 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorAsep Candra
KOMPAS.com - "I love you", kata-kata ini berulang kali terucap dari Robin Lim kepada putrinya, Lakota, di tengah perbincangan Kompas Health bersamanya di Jakarta beberapa waktu lalu. Robin mengucapkannya sambil menatap putrinya, dan Lakota menerimanya dengan senyuman seraya membalas dengan kata-kata yang sama. Robin seperti tak ingin kehilangan momen untuk menunjukkan cintanya kepada orang-orang terkasih. Baginya cinta adalah kekuatan untuk melakukan berbagai hal dalam hidup. Termasuk dalam menjalani pengabdiannya sebagai bidan di Bali.

Robin Lim, perempuan peraih CNN Heroes 2011 ini adalah seorang bidan asal Amerika. Setelah melewati berbagai kesulitan dalam kehidupannya di Amerika, Robin yang telah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan mengantongi sertifikasi bidan dari Amerika, terbang ke Indonesia. Asia, lalu Bali, bukan tempat yang asing bagi Lim sebab ia dibesarkan di Filipina.

Ia menjual rumahnya di Hawaii dan bersama suaminya memutuskan untuk pindah ke Bali. Ia memilih menetap di Ubud, Bali, berdaya menjalankan misinya menyelamatkan ibu dan bayi dengan cintanya yang tak ada habisnya.

Ibu Lim, demikian Robin Lim biasa disapa di Bali, mendirikan Yayasan Bumi Sehat pada tahun 2003. Klinik Bumi Sehat di bawah naungan yayasan tersebut menawarkan perawatan prakelahiran dan bantuan melahirkan secara gratis dan sehat.

Misinya, mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran, yang masih termasuk tinggi di kawasan Asia. Motivasinya mendirikan Bumi Sehat juga berasal dari pengalaman pribadi.

Ia kehilangan sahabat dan bidan yang membantu kelahiran anaknya. Ia juga kehilangan saudara perempuan dan bayinya yang meninggal karena komplikasi saat kehamilan ketiga.

"Saya kehilangan anak kembar, saya keguguran dua kali," ungkapnya kepada Kompas Health.

Seiring berkembangnya Yayasan Bumi Sehat, banyak kalangan pun mulai meminati tempat tersebut. Ekspatriat dan selebriti juga memilih melahirkan di klinik ini dan memberikan donasi. Masyarakat Bali pun banyak yang memilih melahirkan di Bumi Sehat.

Baca Juga :

Robin Lim Selamatkan Ibu dengan Cinta Bagian II-Habis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.