Kompas.com - 05/01/2014, 15:54 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, saya seorang istri  yang sudah menikah selama 12 tahun dan sudah mempunyai anak. Kurang lebih hampir 2 tahun ini saya dan suami sudah tidak pernah berhubungan intim lagi. Dan 3 bulan yang lalu, suami mengaku kalau dia mempunyai kecenderungan biseksual, dan terbukti dia pacaran dengan laki-laki di dunia maya dengan nama samaran. Dok, dia mengaku ingin berubah dan minta maaf pada saya. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya ingin suami melakukan terapi dan pengobatan, tapi pengobatan apa yang harus dia jalan? Saya tidak tahu, dan dia juga tidak berusaha untuk mencari pengobatan, dia minta saya menerima saja dan bersabar.  Bagaimana menurut pendapat dokter…

(Indah, 34, Semarang)

 

JAWAB :

 

Biseksual, seperti juga homoseksual, adalah gangguan orientasi seksual, yang tidak selalu mudah disembuhkan menjadi heteroseksual. Tergantung penyebabnya, sehingga tidak selalu dapat diatasi.

Jadi tidak cukup hanya dengan kemauan yang kuat saja, tetapi faktor penyebabnya juga harus ditiadakan. Sebagai contoh, walaupun suami Anda ingin berubah tetapi kalau "pacar prianya" sering "mengganggu" maka mungkin keinginannya menjadi runtuh.

Tetapi kalau Anda memang dapat menerima apa adanya, tentu itu sangat membantu untuk mempertahankan keutuhan perkawinan. Dengan demikian, apakah upayanya untuk berubah kemudian dapat terpenuhi atau tidak, bukan masalah lagi bagi Anda.

Jadi uoaya pengobatan untuk mengubah biseksual menjadi heteroseksual memang tidak mudah.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.