Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2014, 18:52 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com
- Untuk memperoleh manfaat optimal dari olahraga, setiap orang pun harus rutin dalam melakukannya. Namun saat sedang flu, apakah olahraga perlu dilanjutkan ataukah sebaiknya beristirahat saja?

Menurut Ellen Breeding, pakar fisiologis olahraga di AYC Fitness di Kansas City, olahraga boleh saja dilakukan saat flu. Kendati demikian, pelakunya harus menyadari keadaan tubuhnya sehingga tidak menimbulkan masalah bagi tubuh bila terlalu memaksakan berolahraga.

"Pertama, jika Anda sadar sedang flu, maka Anda perlu memberikan perhatian pada "aturan leher"," ujar Breeding.

Jika hanya kepala Anda yang merasa flu, jelasnya, misalnya pusing kepala berat, atau hidung tersumbat, Anda masih dapat melakukan olahraga. Namun jika gejala flu terjadi pada daerah di bawah leher, misalnya batuk parah, sebaiknya Anda tidak dulu melakukan olahraga.

Kedua, lakukan olahraga selama 10 menit lebih dulu untuk menentukan kesanggupan Anda melanjutkannya. "Jika dalam sepuluh menit berolahraga Anda merasa baik-baik saja, maka Anda dapat melanjutkannya. Sebaliknya, jika justru merasa tidak baik, sebaiknya segera dihentikan agar tidak bertambah buruk," sarannya.

Selain itu, Breeding merekomendasikan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih rendah daripada biasanya. "Tetaplah lakukan olahraga dengan intensitas rendah untuk menjaga aliran darah tetap lancar, namun tidak terlalu membebani tubuh Anda," kata dia.

Seperti yang diketahui, olahraga moderat dapat meningkatkan sistem imun ketika tidak terlalu diforsir. Sehingga, olahraga saat flu jika dilakukan dengan intensitas yang tepat justru akan mempercepat kesembuhan Anda.

Terakhir, Breeding mengatakan, jika memungkinkan bagi Anda untuk berolahraga, maka pastikan Anda berolahraga di rumah, tidak di gym. Berolahraga di tempat umum (gym) berisiko menulari orang-orang di sekitar.

"Sebaliknya, Anda dapat mengikuti program dari video online atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah," saran dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+