Kompas.com - 05/02/2014, 09:38 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Selamat sore dok saya mau bertanya, saya sangat sering mengalami gigi berdarah dalam sehari minimal 2 kali mengeluarkan darah segar dan cukup banyak, hal ini sudah terjadi ketika saya duduk dibangku SMA. kalau dibilang berlubang tidak juga, gusi yang bengkak juga tidak, hanya saja ada peregangan sedikit didekat gusinya.. mohon pejelasannya dok, saya akhir-akhir ini mulai cemas... kira-kira pertanda apakah hal tersebut?

(Adi, 28, Pekanbaru)

JAWAB:

Adi di Pekanbaru,

Membaca keterangan anda bahwa ada peregangan pada gusi, menandakan bahwa hal inilah yang memicu terjadinya perdarahan pada gusi anda.

Mekanisme singkat mengapa bisa terjadi perdarahan dari gusi anda yang renggang, paling utama disebabkan oleh adanya sisa makanan yang pembersihannya tidak sempurna. Baik yang masih berupa lapisan tipis (plak), maupun yang sudah mengeras dan termineralisasi (karang gigi). Akibat dari pembersihan yang kurang sempurna, maka gusi tersebut menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

Kemudian bakteri akan mengeluarkan racunnya pada gusi, sehingga terjadi peradangan. Secara histopatologis, lapisan terluar gusi tersebut mengalami luka-luka mikro, mengalami penipisan dan rusak. Akibat reaksi peradangan, maka pembuluh darah melebar dan menekan lapisan gusi yang tipis tadi sehingga menyebabkan gusi jadi mudah berdarah.

Perdarahan bisa terjadi di seluruh gusi anda, atau hanya di tempat tertentu. Selain karena bakteri dari sisa makanan yang pembersihannya kurang sempurna seperti yang telah dijelaskan di atas, juga diperparah oleh sisa makanan yang menyangkut akibat susunan gigi-gigi yang kurang teratur, tambalan gigi yang tidak sempurna, gigitan rahang atas dan bawah yang tidak merata, serta akibat konsumsi obat-obatan tertentu.

Dengan kata lain, saat ini kemungkinan anda sedang mengalami gingivitis.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.