Kompas.com - 17/03/2014, 10:49 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Mohon penjelasan dokter, anak saya usia tiga tahun memiliki masalah dengan pencernaan. Dari usia 1,8 tahun memiliki asam lambung tinggi. Saya khawatir karena belakangan setiap kali makan, baru beberapa sendok, selalu ingin muntah dan mengeluh sakit perut. Kira-kira makanan apa yang harus diberikan atau tidak boleh dimakan anak saya?
Indah Rianto, Pekanbaru

Jawab:
Ibu Indah yang baik,
Masalah makan pada anak seusia si kecil dapat saja disebabkan oleh kelainan fungsi sistem pencernaan seperti aliran balik makanan dari lambung ke atas (refluks gastroesofagus/Gastroesophageal Reflux-GER). Ini memang terlebih dahulu harus dibuktikan secara klinis, di antaranya dengan pemeriksaan pH metri, gangguan absorbsi/penyerapan makanan, atau mungkin hanya masalah psikologis.

Seusia si kecil (2-3 tahun ke atas) dapat mengalami apa yang disebut sebagai pemilih jenis makanan tertentu (picky eater) sehingga apabila ia diberikan makanan tertentu ia seperti “menolaknya” dengan cara ingin mual/muntah, mengeluh sakit perut dan sebagainya.

Sebaiknya ibu membawanya ke dokter untuk dievaluasi kondisinya agar dapat dilakukan pendekatan yang tepat untuk menangani kondisinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.