Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2014, 11:11 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber yahoo news

KOMPAS.com — Usaha diet dan olahraga yang dilakukan memang berhasil menurunkan berat badan. Namun, setelah turun beberapa kilogram, angka timbangan seolah mandek dan sulit bergerak turun lagi. Apa penghambatnya?

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh MyFitnessPal, perusahaan digital kesehatan dengan lebih dari 50 juta pengguna, terungkap lima penyebab berat badan sulit turun.

1. Hobi makanan manis
Sebanyak 54 persen orang yang disurvei mengatakan, hidangan penutup yang manis adalah penghambat terbesar usaha penurunan berat badan. Walau camilan tersebut sering kita anggap sebagai "makanan kecil", ternyata efeknya terhadap penimbunan kalori cukup besar.

2. Tak suka sayuran
Hampir 1 dari 10 responden mengatakan tidak suka sayuran sebagai penyebab kegemukan. Padahal, kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur dan buah setiap harinya. Sebenarnya, tren mengonsumsi smoothie hijau yang dibuat dari campuran buah dan sayuran bisa menjadi cara menyenangkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan vitamin.

3. Sering makan karbohidrat
Sebagai orang yang sibuk, pola makan yang tak seimbang sepertinya sudah jadi kebiasaan yang dianut oleh kebanyakan orang kota. Hal ini diperburuk dengan pola makan kita yang sebagian besar terdiri dari karbohidrat. Jika tak pandai mengukur, bukan mustahil berat badan Anda semakin tak terkontrol. Mulailah mengganti karbohdirat Anda dengan karbohidrat kompleks seperti tepung atau roti yang tidak dimurnikan (whole wheat).

4. Makan saat emosi
Makan memang menimbulkan perasaan nyaman. Karena itulah, banyak orang memilih makan saat mereka sedang stres atau tertekan. Sadarilah hal ini dan mulailah mengalihkan pemberian hadiah pada diri sendiri dari makan menjadi hal lain yang sama-sama menimbulkan perasaan senang, tetapi tak membuat gemuk.

5. Tidak punya perencanaan
Mengonsumsi makanan jadi atau makanan instan memang lebih praktis, tetapi jika Anda benar-benar ingin lebih langsing buatlah perencanaan pola makan. Sebelum Anda menerapkan ini, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar tentang nutrisi untuk membantu Anda menentukan apa yang sebaiknya dihindari dan mana yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com