Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Berulang di Bagian Pinggang Gejala Batu Ginjal?

Kompas.com - 03/05/2014, 11:04 WIB

TANYA:

Dok, ketika saya berkemih warnanya keruh sampai 2 hari lamanya. Seminggu kemudian bagian perut bawah saya terasa sakit lalu hilang sendiri. Kemudian bagian perut kanan saya terasa sakit sampai ke bagian belakang. Lalu saya berobat dan kata dokternya saya ada indikasi terkena infeksi saluran kemih.

Saya diberi obat dan rasa sakitnya berkurang. Tetapi sampai saat ini sakitnya terkadang suka timbul dan pinggang saya terasa sakit sampai pinggul, bagian paha dan betis juga pegal pegal.
 
Yang ingin saya tanyakan, apa penyakit saya ini tergolong batu ginjal/infeksi saluran kemih yang di sebabkan oleh bakteri. Sedangkan saya sudah test urine dan hasilnya bagus. Tindakan apa yang tepat untuk penanganan penyakit ini. Selain itu obat apa yang tepat yang bisa mengeluarkan batu ginjal. Demikianlah pertanyaan dari saya. Terima kasih sebelumnya
 
Heriyanto (39), Depok


JAWAB:

Saudara Heriyanto yth di Depok

Melihat keluhan yang saudara sampaikan, nyeri berulang yang hebat di perut kanan bawah yang menjalar ke punggung, paha, dan biasanya juga menjalar ke daerah kemaluan ( testis pada laki-laki, labia mayora pada wanita ), maka kemungkinannya adalah saudara menderita  batu saluran kemih (BSK).

Bila ada infeksi disamping keluhan itu, biasanya juga disertai dengan gejala demam,  menggigil, mual, muntah, nyeri waktu buang air kecil (disuri), dan kadang- kadang urin berwarna merah, akibat perdarahan ( hematuri)

Tindakan yang sebaiknya dilakukan sehubungan dengan keluhan saudara ini adalah memastikan diagnosisnya. Ukuran batu, lokasi, jenis batu saluran kemih yang kemungkinan Anda alami itu akan menentukan tindakan pengobatan yang akan diberikan. Untuk itu sebaiknya Anda konsultasi dengan Internis setempat atau urologist kalau ada. Dokter itu nanti yang akan menentukan tahapan pemeriksaan yang dilakukan

Sementara, secara umum pada penderita batu saluran kemih (BSK), sebaiknya Anda minum air putih lebih banyak, 2-3 liter per hari. Penelitian menunjukkan bahwa produksi urin yang lebih banyak dapat menurunkan resiko pembentukan BSK ini. Disamping itu, bila saudara kegemukan (obes), karena  resiko BSK ini juga ada kaitannya dengan berat badan, berusaha menurunkan berat badan dapat menurunkan resiko BSK ini. Mengkonsumsi satu gelas air jeruk, lemon  setiap hari juga dapat menurunkan resiko pembentukan batu saluran kemih.

Demikian, semoga bermanfaat. Sekali lagi sebaiknya saudara konsultasi langsung ke dokter setempat untuk memastikan diagnosisnya. Dan, perlu saya ingatkan bahwa batu saluran kemih yang dibiarkan begitu saja,  lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan struktur dan fungsi ginjal.

Terimakasih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com