Pria Sejati Pun Berlatih Yoga

Kompas.com - 19/05/2014, 13:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Saat ini studio yoga sebagian besar didominasi oleh perempuan. Padahal sejak ribuan tahun lalu para pria beraltih yoga. Banyak manfaat yang bisa dirasakan pria dari rutin berlatih yoga.

Bukan rahasia lagi banyak kaum pria enggan latihan yoga karena berpikir yoga hanya untuk wanita. Buat mereka, latihan buat pria seharusnya yang bersifat keras dan macho. Misalnya seperti sepak bola atau latihan bela diri.

Seharusnya pria mau lebih terbuka pada yoga. Pasalnya, para olahragawan ternama juga berlatih yoga sebagai penyeimbang latihan sehari-hari mereka. Ryan Giggs merasakan karirnya di Manchester United jadi lebih panjang karena latihan yoga. Rio Ferdinand, juga pemain sepakbola merasakan enaknya latihan yoga buat melegakan ketegangan tubuhnya.

Buat pria, yoga tidak hanya berguna untuk mereka yang senang dengan kegiatan olah raga kompetitif. Mereka yang ingin jadi jagoan gitar juga bisa merasakan manfaat yoga. Yoga akan membantu pria menemukan keseimbangan fisik. Latihan yoga menjadikan tubuh kuat dan tubuh kuat ini membantu menemukan fleksibilitas. Tubuh fleksibel akan membantu membangun kekuatan tubuh.

Perut "Six Packs"

Tanpa latihan beban, sejatinya yoga bisa menguatkan tubuh bila dilakukan secara rutin. Melakukan plank pose dalam latihan yoga dasar bisa menguatkan tubuh bagian atas. Perut juga ikut dilatih di pose ini. Bukan tak mungkin perut berevolusi menjadi six packs berkat latihan yoga secara rutin.

Ketika masuk ke gerakan yang lebih sulit seperti handstand dan head stand, pria akan mendapatkan latihan yang membutuhkan banyak kekuatan dan konsentrasi. Gerakan ini sulit namun yogi yang kuat akan mampu melakukannya.

Dari sisi mental, yoga membantu pria menangani semua tekanan dan stres dari kegiatan yang bersifat kompetitif, baik itu di kantor maupun di lapangan olah raga. Pria selalu mendapat tekanan untuk jadi orang yang tangguh dan kuat. Ada banyak kesempatan dalam kelas yoga untuk menunjukkan kekuatan itu. Namun ada kalanya saat pria jadi tampak lemah. Kelas yoga adalah tempat yang pas untuk mengeksplorasi kelemahan dan kekuatan pria. Di kelas yoga pria bisa belajar jadi diri sendiri.

Ikut kelas yoga, pria bisa mencurahkan perhatiannya seratus persen untuk melakukan pose sekaligus mengatur napas. Dengan demikian stres akan dirilis keluar. Pria juga jadi lebih menyadari keadaan diri dan lingkungan sekitarnya saat ini. Yoga akan mengajarkan konsentrasi pada pernapasan dan fokus pikiran pada saat ini.

Yoga juga bisa alat buat pria untuk mempererat hubungan dengan kekasih atau istri. Istri atau pacar yang rutin latihan yoga pasti akan senang lelaki mereka juga menunjukkan minat yang sama. Mungkin dalam hati mereka sudah berharap selama bertahun-tahun bisa latihan yoga bersama pasangan mereka. Untuk pria yang masih lajang, latihan yoga bisa jadi kesempatan untuk mendapatkan pacar. Di kelas yoga banyak sekali wanita menarik yang kemungkinan besar masih lajang.

Latihan yoga bersama pasangan ini bisa jadi tak ternilai. Saat yoga bersama ini, pria tak perlu repot-repot mengajak pasangannya bicara namun sang pacar bisa tampak bahagia. Dan latihan bersama ini tentu lebih irit dibandingkan mengajak pasangan makan malam bersama di tempat mewah untuk menyenangkan hatinya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X