Kompas.com - 09/06/2014, 14:28 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dalam memerangi obesitas, kebanyakan orang berpikir untuk mengurangi asupan makanan saja. Padahal ada jenis-jenis makanan tertentu yang justru perlu dimakan guna membantu upaya tersebut.

Misalnya makan makanan yang meningkatkan suhu tubuh dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Itulah kenapa lebih banyak mengonsumsi makanan tersebut bisa mempercepat penurunan berat badan.

Satu lagi jenis makanan yang perlu dimakan untuk memerangi obesitas adalah makanan yang mengandung hormon leptin. Hormon tersebut dapat memerintahkan tubuh untuk membakar kalori lebih banyak, sekaligus mengurangi nafsu makan.

Kadar hormon leptin yang berlebihan di tubuh akan menginformasikan otak adanya kekurangan energi di sel. Inilah yang membuat pembakaran energi dilakukan lebih banyak. Menurut situs kesehatan webmd.com, ketika kadar leptin di atas batas normal, otak akan merasa tubuh kekurangan energi, sehingga memerintahkan tubuh untuk membakar energi lebih banyak.

Dengan kata lain, meskipun makan dengan jumlah normal dan tidak menambah porsi olahraga, tubuh tetap lebih sedikit menyimpan kalori saat makan makanan kaya leptin. Ini karena sebelum disimpan, kalori akan lebih dulu dibakar.

Pada orang obesitas, pengiriman sinyal tanda tubuh sudah kenyang yang ke otak terganggu. Inilah yang membuat mereka tetap makan meskipun tubuh sebenarnya sudah kenyang.

Karena belum menerima sinyal kenyang, otak tetap mengira tubuh masih lapar dan butuh energi. Inilah yang membuat otak meningkatkan napsu makan dan mengeluarkan endorfin yang lebih banyak sebagai penghargaan setelah makan makanan berlemak dan tinggi gula.

Nah, supaya kadar leptin dalam tubuh tercukupi, penuhilah menu makan dengan makanan yang kaya leptin, seperti makanan tinggi protein, kaya serat, dan sayur-sayuran berdaun hijau dan merah, serta buah-buahan kaya antioksidan. Untuk meningkatkan kadar leptin, tidur cukup sangatlah penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.