Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2014, 09:31 WIB


TANYA:

Dokter, saya mau bertanya. Kenapa vagina sering sekali mengeluarkan lendir berwarna putih dan kental juga berbau sangat tidak sedap? Apa yang terjadi dengan alat kelamin saya dan apakah berbahaya? Ini membuat saya tidak nyaman. Saya khawatir calon suami saya tidak menyukainya. Apakah ada cara untuk mengatasinya? Terima kasih.

Lina Marlina (23)


JAWAB:

Lina Yth,
Permasalahan seperti ini sering terjadi, dan pada seorang yang masih gadis ada sedikit kendala untuk diagnosis dan terapinya. Permasalahan ini harus serius diselesaikan karena ada risiko infeksi yang dapat menjalar ke organ reproduksi lainnya dan dikhawatirkan bisa menyebabkan kesulitan hamil pada masa mendatang.

Keputihan merupakan sesuatu yang wajar jika tidak ada bau dan atau gatal. Tapi bila ada bau atau gatal, maka kemungkinan ada infeksi. Untuk diagnosisnya dapat diambil cairan vaginanya untuk diperiksa di laboratorium. Pengobatan akan disesuaikan dengan kuman atau jamur penyebabnya.

Untuk deteksi dini kanker leher rahim dapat dilakukan papsmear secara berkala, tapi hal ini tak dapat dilakukan pada gadis yang belum melakukan hubungan seksual.

Karena vagina termasuk organ reproduksi, ada suatu siklus yang berulang, maka sebaiknya dilakukan pencegahan. Upayakan organ intim tetap kering dengan sering mengganti pakaian dalam. Boleh juga memakai pembersih vagina yang sudah direkomendasikan dokternya.

Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com