Kompas.com - 11/09/2014, 15:36 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kebanyakan anak-anak yang mengalami gangguan autisme baru didiagnosis ketika mereka berusia tiga atau empat tahun. Padahal, banyak bukti yang menunjukkan deteksi dan intervensi sejak dini bisa menurunkan gejala autisme.

Jika gejala autisme diketahui sejak anak usia sangat dini, yakni usia 6 bulan, perkembangan anak bisa lebih pesat bahkan gejala autisme yang dialaminya bisa hilang.

Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Autism and Developmental Disorders, sebagian anak yang mendapat intervensi atau terapi sejak bayi, sudah tak lagi menunjukkan gejala autisme di usia 3 tahun.

Studi tersebut mempelajari tujuh anak usia 7-15 bulan dengan gejala autisme yang menjalani terapi selama 12 minggu. Kemudian keluarga melanjutkan program terapi ini. Peneliti lantas mengikuti perkembangan si anak selama tiga tahun.

Walau anak-anak yang didiagnosis autisme itu sudah menunjukkan gejala jelas pada usia 9 bulan, namun terapi tersebut membuat gejala autisme berkurang ketika anak-anak itu menginjak usia 18 dan 36 bulan. Secara keseluruhan, anak yang mendapat penanganan dini di tahun pertama hidupnya akan lebih sedikit mengalami keterlambatan berbahasa dan kelambatan perkembangan lainnya.

"Sebanyak 6 dari 7 anak yang menjalani terapi kini sudah dapat mengejar kemampuan belajar dan berbahasa normal di usia dua menuju tiga tahun," ungkap ketua penelitian, Sally J Rogers, profesor ilmu psikiater dan perkembangan di Universitas Kalifornia.

"Bahkan mereka yang mengidap gangguan spektrum autis (ASD) sudah tidak didiagnosis lagi," katanya.

Direktur pelayanan anak dan bayi di Pusat Evaluasi dan Rehabilitasi Anak Universitas Albert Einstein, dr. Lisa Shulman mengatakan, meskipun sampel penelitian tersebut jumlahnya kecil, tapi hasilnya sesuai dengan apa yang ia dan pasiennya alami, yakni penanganan dini dapat mengubah hidup anak autisme.

"Penelitian ini menjadi pelopor yang menyatukan beragam aliran penelitian terkait," kata dr. Shulman.

Tanda autisme

Halaman:

Video Pilihan

Sumber CBS News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.