Kompas.com - 24/09/2014, 16:05 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Bagi pelari, waktu sebelum lomba bisa jadi lebih menegangkan dibanding lombanya sendiri. Memang lombanya hanya sehari, tetapi hasil dari lomba tersebut merupakan gambaran apakah latihan persiapannya sudah cukup atau belum.

Sebuah lomba lari memang harus dipersiapkan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sebelumnya. Hal-hal ini baiknya dipersiapkan matang-matang sebelum lomba.

1. Simpan di tas tangan
Jika Anda mengikuti lomba lari di luar kota, selalu bawa perlengkapan lari dalam tas Anda yang diletakkan di kabin. "Bila perlengkapan lari Anda hilang, dipastikan Anda akan kalah bahkan sebelum berlomba," kata Jonathan Cane, ahli fisiologi olahraga.

2. Tetap bergerak
Mode transportasi apapun yang Anda pilih untuk berangkat ke tempat lomba, tetaplah hindari duduk terlalu lama. Setiap beberapa waktu untuk berdiri dan lakukan peregangan. "Duduk terlalu lama di pesawat dapat mendatangkan masalah," kata Cane. Pilihlah tempat duduk yang agak lega, kemudian lakukan pemanasan seperti jalan kaki setiap 1-2 jam supaya aliran darah tetap lancar.

3. Menjelajahi tempat lomba
Anda boleh saja menjelajahi tempat perlombaan, tapi hindari godaan di tempat tersebut. Misalnya berbelanja barang-barang yang sedang diskon atau mengambil makanan.

"Anda boleh berkeliling melihat-lihat, tapi jangan membeli apapun untuk dipakai atau dimakan pada hari lomba. Sepatu baru itu tidak akan membuat Anda berlari lebih jauh, tapi bisa membuat kaki Anda akan lecet," kata Francis Laros, pelatih bersertifikat. Hindari juga menggunakan inovasi gel sebagai pelumas kaki bila memang tidak terbiasa.

4. Mengikuti setiap nasehat
Ini alasan lain untuk menghindari berlama-lama di tempat lomba sehari sebelumnya. Saat Anda bertemu dengan pelari lain, bisa jadi mereka akan memengaruhi pendirian Anda.

Semua orang punya pendapat masing-masing tentang latihan yang baik, sepatu yang paling nyaman, atau minuman yang paling membantu. "Walaupun masukan-masukan itu baik, Anda sudah terlalu terlambat untuk mengikutinya, jadi mendengar itu semua malah akan membuat Anda semakin ragu dan panik," katanya.

5. Banyak duduk
Sehari sebelum lomba, terlalu banyak beraktivitas dengan kaki memang berpotensi mencederai kaki. Namun, melakukan sedikit latihan lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Menurutnya Matt Fitzgerald, ahli nutrisi olahraga, durasi latihan yang masih aman adalah 20 menit intensitas ringan, diikuti 4-6 menit intensitas berat dengan jeda 15 detik setiap sesinya. Latihan seperti ini akan membantu menenangkan pikiran dan tekanan tubuh, serta menjaga kondisi badan tetap prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.