Kompas.com - 18/10/2014, 09:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manfaat vitamin D ternyata tak hanya sebatas pada kesehatan tulang dan sistem imun tubuh. Sebuah studi teranyar menyebutkan, kurang vitamin D bisa membuat proses melahirkan menjadi lebih menyakitkan.

Dalam penelitian tersebut para ilmuwan mengukur kadar vitamin D dari 93 ibu hamil sebelum mereka melahirkan bayinya. Semua responden telah meminta suntikan epidural untuk menghilangkan nyeri selama persalinan.

Kemudian tim peneliti mengukur berapa banyak obat penghilang rasa sakit yang diperlukan tiap ibu hamil selama persalinan. Lalu dibandingkan jumlah pemakaian obat antara wanita dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi dan wanita dengan kadar vitamin D lebih rendah.

Hasilnya, wanita yang memiliki kadar vitamin D rendah memerlukan lebih banyak obat penghilang nyeri dibandingkan dengan wanita yang kadar vitamin D-nya tinggi. Ini menunjukkan, rasa sakit yang mereka alami saat melahirkan lebih hebat sehingga mereka butuh obat lebih banyak.

"Perempuan sering kekurangan vitamin D selama kehamilan. Padahal dari temuan kami mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan," kata Dr.Andrew Geller, ahli anestesi di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles.

Kekurangan vitamin D dalam waktu lama diketahui bisa menyebabkan depresi dan rasa sakit, namun ini merupakan studi pertama yang menyoroti kaitan antara vitamin yang berasal dari sinar matahari ini dengan tingkat kesakitan saat melahirkan.

Kekurangan vitamin D memang sering ditemui selama kehamilan, khususnya pada kelompok berisiko tinggi termasuk vegetarian, wanita yang jarang terpapar sinar matahari dan etnis minoritas. (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.