Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2014, 13:17 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Calon ibu seringkali dibuat tegang saat akan melahirkan. Namun sebenarnya, selama persalinan memiliki tiga faktor penting ini, ibu tidak perlu terlalu khawatir soal persalinan yang akan ia hadapi. Apa saja faktor-faktor itu?

Dokter spesialis kebidanan Ardiansjah Dara Sjahruddin mengatakan, tiga faktor itu sering disingkat menjadi 3P yaitu power, passenger, dan passage. "Jika ketiga faktor tersebut dimiliki ibu maka proses persalinan akan berjalan dengan lancar," ujarnya dalam sebuah seminar media beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Ia pun memaparkan ketiga faktor tersebut, sebagai berikut.

1. Power
Ini adalah kekuatan ibu dalam mengejan yang berhubungan pula dengan kontraksi rahim. Kekuatan ibu mengejan akan membantu mempermudah keluarnya janin. Namun jika faktor ini tidak dimiliki, upaya yang dilakukan dokter adalah dengan memberikan oksitoksin yang menginduksi rahim untuk berkontraksi lebih kuat.

Meskipun bisa diinduksi, namun sebaiknya menjelang waktu persalinan, ibu melakukan upaya-upaya stimulasi kontraksi rahim alami. Misalnya dengan banyak bergerak, stimulasi puting, dan berhubungan seks. Ketiganya dapat merangsang otak untuk meningkatkan sekresi oksitoksin.

2. Passenger
Faktor ini merupakan ukuran bayi. Apabila ukuran bayi besar, melebihi ukuran jalan lahir maka persalinan akan lebih sulit untuk dilakukan. Ukuran bayi dan keberhasilan dalam persalinan juga berhubungan dengan jumlah kelahiran.

"Misalnya, anak pertama beratnya sekitar tiga kilogram lalu dan dapat lahir normal. Anak kedua tidak akan bisa keluar jika diprediksi memiliki berat melebihi anak pertama," terang dokter yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospital ini.

3. Passage
Jalan lahir terdiri dari mulut rahim dan juga ukuran panggul dari ibu. Terbukanya mulut rahim ditentukan oleh kontraksi rahim. Sementara ukuran panggul tidak dapat diupayakan karena tergantung pada masing-masing individu.

"Ketiga faktor itu harus saling mendukung supaya persalinan lancar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com