Kompas.com - 24/10/2014, 11:09 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sampai saat ini kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan banyak orang. Siapa saja bisa menderita kanker, tak terkecuali para selebriti. Berikut adalah sebagian kecil aktris dan penyanyi Hollywood yang pernah berjuang melawan kanker payudara. Perjuangan mereka dalam menghadapi kanker menjadi inspirasi banyak orang.

1. Cynthia Nixon
Pemeran di serial televisi terkenal Sex And The City ini baru menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara setelah penyakit itu bersarang di tubuhnya selama dua tahun. Tahun 2006 ia melakukan pemeriksaan payudara dan Cynthia menemukan benjolan yang divonis sebagai tumor di payudara kanannya. Ia kemudian mendapatkan perawatan yang membuatnya bertahan dan tetap sehat hingga sekarang ini.

2. Kylie Minogue
Awalnya Kylie menemukan kejanggalan pada payudara kirinya. Kemudian ia memeriksakannya pada dokter. Penyanyi canti ini curiga bahwa ada benjolan aneh di dadanya tersebut. Namun, dokter pertama yang ia temui mengatakan bahwa ia baik-baik saja. Merasa tak yakin dengan pemeriksaan pertama, Kylie mencari opini kedua dan menemui dokter yang berbeda. Lewat hasil tes kedua inilah ditemukan ada gumpalan tumor yang harus segera diberikan perawatan sehingga tidak berkembang menjadi kanker.

3. Christina Applegate
Tahun 2008, saat menjadi bintang tamu di acara "Good Morning America", aktris Christina Applegate secara jujur mengaku ia didiagnosis kanker payudara di usia 36 tahun. Ia lalu memilih melakukan pengangkatan payudara daripada radiasi atau kemoterapi. Setelah melewati perjuangan tersebut, tahun 2011 ia mendapat anugerah kelahiran bayinya Sadie, hasi pernikahannya dengan musisi Martyn LeNoble.

4. Sheryl Crow
Penyanyi Sheryl Crow didiagnosis kanker payudara tahun 2006 dan berat deteksi dini yang dilakukannya, ia hanya menjalani operasi minimal invasif dan 7 minggu melakukan radiasi. Sheryl mengungkapkan, ketika ia didiagnosis kanker, ia langsung berkonsultasi dengan dokter gizi dan mulai menjalani pola makan sehat yang mengutamakan ikan, kacang-kacangan, sayur, serat, dan rempah sehat. Kini ia aktif berkampanye mengenai pentingnya deteksi dini. Pada bulan Juni tahun 2014 lalu ia kembali didiagnosa kanker yang menyerang otaknya.

5. Suzanne Somers
Suzanne didiagnosa menderita kanker payudara pada 2001. Ia menolak melakukan pengobatan kemoterapi dan memutuskan mencari pengobatan alternatif.

6. Angelina Jolie
Baru beberapa bulan lalu Angelina Jolie mengumumkan bahwa dirinya telah menjalani operasi pengangkatan payudara. Berdasarkan hasil tes genetik, dia memang memiliki risiko cukup tinggi menderita kanker payudara (yang juga merenggut nyawa ibunya).

Keputusan Angelina ini memang sempat menuai pro dan kontra. Selain pujian, banyak orang yang menganggap hal ini berlebihan, mengingat istri Brad Pitt ini belum benar-benar menderita kanker. Meski begitu, kini banyak wanita yang semakin sadar akan pentingnya pemeriksaan genetik untuk mendeteksi risiko kanker. (Eva Erviana)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.