Kompas.com - 28/10/2014, 14:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kapan terakhir kali Anda menaruh perhatian lebih pada payudara? Mengenali bentuk payudara sangat perlu agar Anda lebih mudah mengenali saat ada perubahan-perubahan yang terjadi.

Ada beberapa ciri dari payudara yang bisa diindikasikan sebagai pertanda tumor, meski memang tak bisa langsung disimpulkan hanya dengan pemeriksaan awam. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk menindaklanjuti dugaan yang diperiksa sendiri.

- Puting
Cari tahu apakah ada penarikan dari puting, puting melesak ke dalam, atau melekuk? Meski ciri ini tak lantas membuat seseorang pasti terkena kanker, namun perubahan ciri ini bisa diidikasikan gejala tumor ganas.

- Permukaan kulit
Tumor juga bisa ditandai dengan perubahan warna kulit, kulit yang jadi menebal, dan permukaannya seperti kulit jeruk merupakan tanda Anda perlu memeriksakan payudara.

- Keluar cairan
Tanda lain, apabila cairan yang keluar dari puting payudara padahal Anda tidak sedang menyusui. "Warna cairannya bisa merah, cokelat, atau berupa darah. Jika ini terjadi, segera lakukan pemeriksaan. Pasalnya, keluar cairan dari payudara di luar masa menyusui ini termasuk tak normal," tandas dr.Felly Sahli, Sp.Rad, Koordinator Unit Radiodiagnostik MRCCC Siloam Hospitals.

Apabila ciri-ciri tersebut sudah terjadi semuanya, ada benjolan, lalu keluar cairan darah berwarna busuk, lalu kulitnya berkerut seperti kulit jeruk, bisa dipastikan 99 persen itu adalah tumor ganas. Meski memang, sekali lagi ciri-ciri itu tak lantas membuat seseorang pasti terkena tumor ganas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.