Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2014, 11:59 WIB

KOMPAS.com – Musim hujan seperti sekarang ini adalah saat ketika tingkat kelembaban meninggi. Saat inilah waktu yang ideal bagi kuman, bakteri, dan virus berkembang dengan bebas. Akibatnya, penyakit pun mulai berdatangan. Buat yang punya alergi, ini akan semakin buruk. Bagaimana menjinakkan alergi di musim hujan ini?

Langkah-langkah berikut ini menurut boldsky adalah cara termudah untuk menjinakkan alergi di musim hujan.

- Membersihkan rumah. Meskipun terlihat nyaman, rumah yang kita tinggali pun tetap bisa menjadi sarang kuman berbahaya. Kuman dapat bersembunyi di mana saja, termasuk karpet, tirai, bahkan bantal dan selimut yang kita gunakan. Oleh karena itu bersihkan rumah secara teratur setiap hari. Aktivitas fisik ini juga bisa membakar kalori lo.
    
- Makan makanan yang sehat. Makanan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang baik. Di tengah musim hujan seperti ini, lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pertumbuhan penyakit virus.
    
- Menurunkan berat badan. Obesitas menjadi salah satu penyebab utama penyakit dan memperburuk alergi kita. Nah, jika merasa berat badannya berlebih, pikirkan kembali soal diet.

Dan bila Anda memiliki alergi yang berhubungan dengan dingin, pastikan selalu untuk menjaga kondisi tubuh. Rasanya kita tidak dapat menahan datangnya musim hujan, karena itu yang bisa kita lakukan adalah menerapkan pola hidup sehat seperti tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com