Kompas.com - 23/12/2014, 09:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - DY Suharya (42) sempat "melarikan diri" ke luar negeri karena merasa ibunya sangat menyebalkan. Ibunya yang bernama Tien Suhertini itu tiba-tiba sering marah, bahkan menuduh orang-orang sekitarnya mencuri barang-barang di rumah.

Wanita yang akrab disapa DY ini akhirnya bekerja dan kuliah di Amerika Serikat selama 10 tahun dan selama 5 tahun di Australia. Hingga akhirnya sang ibu didiagnosis alzheimer, DY pun pulang ke Indonesia.

Kekesalan DY kepada ibunya ternyata karena ketidaktahuannya terhadap penyakit alzheimer. Perubahan perilaku ibunya merupakan gejala alzheimer. Lambat laun, penyakit alzheimer membuat sang ibu tak lagi ingat suami dan anak-anaknya. DY dan keluarga akhirnya merawat sang ibu dengan penuh kasih sayang.

Kisah DY dan ibunya itu dituangkan dalam buku "Ketika Ibu Melupakanku" yang ditulis oleh DY sendiri dan sahabatnya, Dian Purnomo. "Saat itu tidak ada damai sejahtera di rumah. Kalau tahu ada alzheimer, waktu ibu saya berdiam di kamar seharusnya saya ajak jalan ke luar. Ke tempat untuk berinteraksi," kata DY dalam acara peluncuran bukunya di Toko Buku Kinokuniya, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Buku ini menceritakan bagaimana akhirnya keluarga DY kompak merawat sang ibu dengan penuh kasih sayang. Buku setebal 196 halaman ini juga mengisahkan beberapa orang yang berjuang merawat orang dengan alzheimer.

Alzheimer umumnya ditemui pada orang tua berusia 65 tahun ke atas. Penyakit ini mematikan sel saraf dalam otak yang membuat penderitanya menjadi pikun hingga tak lagi bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Melalui buku ini, DY ingin mengajak lebih banyak orang lagi untuk peduli dengan alzheimer. DY dan Dian juga berharap buku ini dapat memberikan semangat kepada mereka yang sedang mendampingi penderita alzheimer.

Buku ini pun diluncurkan bertepatan dengan Hari Ibu. Ibunda DY yang kini berusia 80 tahun juga hadir dalam peluncuran buku itu. "Buku ini kado terindah buat ibu saya. Terima kasih, mama," ucap DY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.