Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2015, 16:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com — Kebiasaan mencuci piring sendiri sepertinya harus terus dilakukan. Selain membuat Anda tetap aktif, mencuci piring dengan tangan akan menurunkan risiko alergi pada si buah hati.

Sebelumnya, penelitian telah menghubungkan antara anak-anak yang tinggal di peternakan dengan rendahnya kejadian alergi. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan di Swedia, para periset menjumpai hal lain. Mereka menemukan bahwa orangtua yang mencuci piringnya sendiri, bukan dengan mesin pencuci piring, risiko alergi pada anak-anaknya berkurang. 

Hasil tersebut diperoleh setelah Dr Bill Hesselmar dari University of Gothenburg dan koleganya menganalisis data survei tahun 2007 dari 1.029 orangtua anak berusia 7 dan 8 tahun di Swedia. Mayoritas besar, yaitu sebesar 84 persen orangtua, menggunakan mesin pencuci piring. Hanya 12 persen yang mencuci piring dengan tangan. 

 
Pada orangtua yang menggunakan mesin pencuci piring, 38 persen anak dari mereka mengalami eksim. Sementara itu, orangtua yang mencuci piring dengan tangan, hanya sekitar 23 persen dari anak mereka yang mengalami eksim. Secara keseluruhan, mencuci piring dengan tangan menurunkan risiko alergi hingga 43 persen. 
 
Menurut para peneliti, yang hasil studinya dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics, kondisi ini disebabkan bakteri yang tertinggal pada piring akan melatih tubuh menoleransi lingkungan. 

"Kami berupaya untuk menemukan sumber paparan mikroba yang tidak berbahaya dalam kehidupan sehari-hari yang cukup baik untuk mengurangi alergi pada anak-anak yang tidak terpapar flora kaya mikroba seperti yang dialami anak-anak yang tinggal di peternakan," terang Bill.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com