Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2015, 14:42 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis


KOMPAS.com -
Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan, ada baiknya melengkapi dengan suplemen besi. Selain mengurangi risiko untuk kekurangan besi, suplementasi tersebut akan mempercepat pemulihan besi dalam tubuh pasca donor darah.

National Institutes of Health
menyebutkan, sekitar 25-35 persen dari pendonor rutin mengalami defisiensi besi. Besi diperlukan tubuh guna membentuk sel darah merah. Sel ini akan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh serta karbondioksida, menggunakan protein hemoglobin kaya besi. Setidaknya dibutuhkan waktu satu bulan untuk benar-benar memulihkan besi dan hemoglobin setelah mendonorkan darah. 
 
Mereka yang rutin mendonorkan darah sudah paham bahwa kadar hemoglobin dalam darah harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan donor darah. Namun demikian, sekitar 7 persen diminta untuk menunda donor darah karena kadar hemoglobin yang rendah.

Salah satu solusi potensial untuk memulihkan kondisi hemoglobin adalah dengan menyediakan suplemen besi bagi pendonor. Studi terdahulu menunjukkan bahwa suplementasi besi dapat mengurangi angka penangguhan donor darah terkait besi. 

 
Studi yang dilakukan oleh Dr. Joseph Kiss dari Institute for Transfusion Medicine, Pittsburgh dan dipublikasika dalam Journal of the American Medical Association menunjukkan, mereka yang mengonsumsi suplemen besi, mengalami pemulihan kadar besi dan hemoglobin yang lebih cepat.

Dibandingkan dengan pendonor yang tidak mengonsumsi besi, mereka yang mengonsumsi suplemen besi, 80 persen lebih cepat kembali ke kadar hemoglobin pra donor baik di kelompok dengan kadar ferritin yang lebih rendah dan kelompok ferritin yang lebih tinggi. 

 
Dengan waktu rata-rata untuk mencapai kadar besi pra donor adalah 11 minggu di antara mereka yang mengonsumsi suplemen dan 24 minggu di kelompok tanpa suplemen.
 
Studi ini, dikatakan Dr. Kiss, menekankan pentingnya menjaga kadar besi setelah donor darah. Selain itu, juga menunjukkan bahwa suplementasi besi secara efektif memperbaiki hemoglobin bahkan pada pendonor dengan kadar besi yang lebih tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com