Kompas.com - 18/03/2015, 09:03 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com – Kabar buruk bagi Anda yang sering konsumsi minuman bersoda. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa banyak minum soda diet sekalipun dapat menambah lebar lingkar pinggang seseorang dibanding yang tidak minum soda.

Menurut peneliti, lingkar pinggang orang-orang yang minum soda diet setiap hari lebih besar tiga kali lipat dibanding yang tidak minum soda.

"Semakin banyak orang minum soda diet, semakin lebar lingkar pinggang mereka," kata penulis studi yang juga seorang peneliti di University of Texas Health Science Center di San Antonio, Sharon Fowler.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society melibatkan 749 orang di Amerika. Dalam penelitian selama 9 tahun, diketahui bahwa ukuran pinggang orang-orang yang tidak minum soda meningkat rata-rata 0,8 inci, sedangkan mereka yang hanya minum soda diet sesekali, lingkar pinggangnya bertambah rata-rata 1,83 inci. Kemudian, mereka yang minum soda setiap hari, lingkar pingganya bertambah sekitar 3,16 inci.

Fowler mengatakan, melebarnya lingkar pinggang karena meningkatnya lemak di perut atau perut menjadi buncit. Menurut dia, hal ini  dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya karena meningkatkan proses peradangan dalam tubuh.

Sudah banyak studi yang menungkapkan bahaya konsumsi minuman bersoda secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian tahun 2011 yang dipersentasikan pada The American Stroke Association's International Stroke Conference di Los Angeles, peneliti menemukan bahwa  minum  soda diet setiap hari dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Penelitian lain yang diterbitkan tahun 2012 di Journal of General Internal Medicine juga menemukan hubungan antara minum soda setiap hari dengan stroke dan serangan jantung.

Kemudian, penelitian yang dipersentasikan tahun 2013 dalam American Academy of Neurology  di San Diego, menemukan kaitan antara minum soda setiap hari dengan meningkatnya risiko seseorang menjadi depresi.

Namun, para peneliti belum mengetahui persis mengapa minuman bersoda dapat meningkatkan lemak di perut. Mereka menduga, melebarnya lingkar pinggang karena kandungan pemanis dalam minuman tersebut.

Peneliti menyarankan untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda karena berdampak negatif bagi kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.