Kompas.com - 18/03/2015, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berbagai suplemen vitamin kini menjadi andalan orangtua sebagai penambah nutrisi harian bagi anak, terlebih jika anak termasuk susah makan. Sebenarnya anak tak lagi memerlukan suplemen jika asupan makanannya bervariasi dan bergizi.

Menurut dokter anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Yoga Devaera, jika anak-anak sudah bisa memenuhi asupan zat gizinya dengan mengkonsumsi beragam jenis makanan secara seimbang dan dalam jumlah yang cukup, maka tak perlu asupan suplemen.

“Asupan gizi yang cukup, lengkap, bervariasi, dan seimbang akan memenuhi kebutuhan dasar nutrisi pokok seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh dan kembang si anak,” katanya dalam acara “Momazing” bersama Scott’s di Jakarta (17/3/2015)

Kebutuhan asupan gizi yang seimbang merupakan salah satu modal utama agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Yoga mengatakan, jika ada satu asupan nutrisi yang kurang, maka orang tua boleh memberikan suplemen yang mengandung kandungan nutrisi serupa, tentunya akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Walau begitu, pemberian suplemen pada anak bukan alasan untuk menghentikan usaha orang tua dalam memenuhi asupan gizi dan mengenalkan makanan yang bervariasi pada anak.

"Harus tetap diusahakan untuk mengenalkan makanan walaupun makanan tersebut kurang disukai oleh anak, paling tidak perkenalkan sebanyak 10 -15 kali. Karena mungkin saja si anak masih merasa asing dengan tekstur dan rasa dari makanan tersebut," terangnya.

Pola makan yang diterapkan sehari-hari sebenarnya akan memperlihatkan apakah si anak memerlukan tambahan asupan suplemen atau tidak.

"Peran orangtua terutama ibu sangat penting dalam pola makan anak. Langkah sederhana dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan yang konsumsi selama seminggu, maka akan terlihat jenis nutrisi apa yang masih kurang dan perlu untuk dicukupi," katanya. (Monica Erisanti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.