Kompas.com - 01/04/2015, 07:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika ingin sehat, sering-seringlah mengonsumsi ikan! Begitu anjuran yang sering kita dengar. Ikan memang mengandung protein dan asam lemak yang baik, tapi sehat tidaknya ikan sangat bergantung pada lingkungan di mana makhluk laut ini tinggal.

Polutan yang mencemari laut bukan hanya berdampak pada hewan-hewan laut tapi kesehatan manusia dan lingkungan.

Semakin banyaknya spesies ikan yang ditangkap menggunakan alat dan proses yang tidak sesuai, akan menyebabkan ikan terkontaminasi dengan logam, bahan kimia industri, pestisida atau parasit.

Risiko lain yang dapat terjadi adalah penyakit akibat makanan, penipuan dalam pemasaran, dan penangkapan ikan yang tidak memperhatikan kelanjutan jangka panjang.

Menurut Brian Clement, penulis buku “Killer Fish: How Eating Aquatic Life Endangers Your Health”, berikut adalah beberapa jenis ikan yang sebaiknya kita hindari.

1. Ikan todak (Swordfish)
Ikan todak mengandung kadar merkuri yang tinggi," terang Frankie Terzoli, seorang chef yang juga kontestan acara Top Chef.

Clement juga menambahkan, kandungan merkuri yang terdapat dalam ikan akan terus terakumulasi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, ikan yang telah berumur tua dan berukuran besar, seperti ikan todak dan hiu akan membawa racun yang lebih banyak. Racun ini berasal dari hewan laut kecil yang diserap sebagai makanannya.

Selain itu, sebagian besar ikan todak ditangkap menggunakan long line (tali pancing yang disusun panjang dengan kait dan umpan di setiap ujungnya), metode ini akan menyebabkan terancamnya makhluk laut yang hampir punah, seperti penyu, hiu, dan burung laut.  

2. Gindara (Escolar)
Ikan gindara sering disebut sebagai "tuna putih", daging ikan ini dikenal sangat lezat, namun jika dimakan terlalu banyak  akan menyebabkan diare.

Ikan gindara mengandung zat lemak yang dapat dicerna bernama gempylotoxin, yang memberikan senasi rasa mentega yang menggiurkan. Namun zat lemak itu akan menyebabkan masalah pada usus jika berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebaiknya Anda cukup mengkonsumsi ikan ini sebanyak 6 ons atau kurang.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.