Kompas.com - 08/04/2015, 12:12 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada banyak metode diet yang bisa kita ikuti, bisa berdasarkan testimoni teman yang sudah berhasil, mengikuti cara diet ala selebriti, atau memilih diet yang paling efektif secara ilmiah.

Sebuah penelitian baru di Johns Hopkins University menunjukkan bahwa hanya ada dua program diet komersil yang dinilai efektif, yakni Jenny Craig dan Weight Watchers. Berdasarkan data substansial kedua metode itu lebih efektif.

Berat badan berlebih saat ini menjadi masalah di banyak negara, bukan hanya di negara maju, tetapi juga negara-negara berkembang. Keinginan untuk mencari metode diet yang paling efektif untuk melawan epidemi kegemukan pun terus dilakukan.

Para peneliti menguji 4.200 program diet komersial untuk mencari bukti kuat terkait efektivitasnya. Program diet komersil berarti kita mendaftar pada satu program, biasanya ke dokter ahli gizi atau klinik pelangsingan. Lewat program ini kita akan diberikan sesi konsultasi, petunjuk pola makan, dan pemantauan program yang dijalankan.

Di akhir tahun 2014, para peneliti hanya menemukan beberapa program yang memenuhi 'standar emas' ilmiah dalam uji coba atau percobaan klinis secara acak.

Sebelumnya hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan program penurunan berat badan mana yang lebih efektif dalam menjaga berat badan setelah satu tahun dilakukan dibandingkan jika seseorang mencoba menurunkan berat badan sendiri atau bantuan di luar sesi diet.

Dalam sebuah penelitian, para periset mampu menguji hasil dari 39 percobaan yang meliputi 11 sistem diet berbeda: Weight Watchers, NutriSystem, HMR, Medifast, OPTIFAST, Atkins, SlimFast, Biggest Loser Club, eDiets, dan Lose It!.

Sementara beberapa program, seperti NutriSystem, menunjukkan hasil menjanjikan terkait potensi mempertahankan berat badan, data tindak lanjutnya tidak ada. Hanya dua program yang memiliki dukungan 'standar emas', yakni Jenny Craig dan Weight Watchers.

"Setelah 12 bulan, rata-rata berat yang diturunkan dengan Weight Watchers yaitu setidaknya 3,6 kilogram, lalu Jenny Craig sekitar 6,8 kilogram," ungkap Kimberly Gudzune, spesialis penurunan berat badan dari Johns Hopkins University School of Medicine.

"Sementara banyak orang mungkin menganggap jumlah ini sedikit, tetapi sebenarnya memenuhi tujuan penurunan berat badan, yakni mencapai tiga sampai kehilangan lima persen dari berat awal Anda yang direkomendasikan oleh pedoman baru-baru ini," lanjutnya.

Dua program diet tersebut dianggap memiliki intensitas tinggi dan berimbang. Setara dengan NutriSystem, Jenny Craig dan Weights Watchers dinilai hampir sama, baik dalam dalam penetapan tujuan, kontrol diri, informasi nutrisi, dan konseling.

Gudzune berharap, penelitian ini dapat memicu lebih banyak penelitian terhadap sistem penurunan berat badan komersil, yang bisa membantu dokter dan ahli gizi untuk memberi saran lebih efektif dalam menangkal obesitas.

Ia menambahkan, penurunan berat badan yang efektif memerlukan saran ahli untuk mengetahui strategi terbaik berdasarkan kondisi tubuh dan kebutuhan masing-masing. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.