Kompas.com - 09/04/2015, 10:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com -Alzheimer sebenarnya merupakan penyakit degeneratif yang umumnya diderita oleh orang lanjut usia atau berusia di atas 60 tahun. Namun, belakangan ini beberapa orang terkena Alzheimer pada usia muda.
 
Dokter spesialis saraf Yuda Turana mengungkapkan, kasus pasien termuda, yaitu pada 29 tahun. Menurut Yuda, berdasarkan penelitian ada kemungkinan faktor genetik yang menyebabkan usia muda terkena Alzheimer.
 
"Kasusnya sangat jarang, hanya 1 sampai 2 persen," kata Yuda saat ditemui dalam diskusi di Jakarta, Selasa (7/4/2015).
 
Yuda menjelaskan, dalam penelitian jika seseorang memiliki gen APOE positif maka berisiko demensia. Akan tetapi, Yuda menegaskan bahwa faktor utama penyakit degeneratif adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, pola makan tak sehat, dan jarang olahraga.
 
"Mungkin genertik enggak jadi apa-apa lingkungan enggak medunkung. Sebagai contoh, memiliki APOE, tapi mungkin dia enggak jadi demensia karena dia enggak merokok," terang Yuda.
 
Alzheimer tak hanya membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat, tetapi juga gangguan mental. Pasien bisa mudah marah hingga lupa dengan keluarga sendiri. Alzheimer dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Alzheimer akan diderita hingga akhir hidup pasien.
 
Untuk itu, menurut Yuda, kesehatan otak seharusnya dijaga sejak dalam kandungan atau sedini mungkin.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.