Kompas.com - 20/04/2015, 07:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com –  Alergi bisa muncul sejak anak masih menyusui. Namun, alergi sebenarnya bisa dicegah agar tidak menghambat tumbuh kembang anak.

Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Zakiudin Munasir mengatakan, pencegahan alegi yang utama, yaitu dengan pemberian air susu ibu (ASI) selama 6 bulan pertama. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang sudah mencakup gizi seimbang.

“ASI pada anak bermanfaat sebagai antibodi sehingga mencegah alergi,” kata Zakiudin dalam diskusi di Jakarta, Jumat (16/4/2015).

Saat menyusui, ibu juga tak perlu menghindari makanan yang rentan menimbulkan alergi seperti telur, kacang-kacangan, ikan, makanan laut, hingga susu sapi. “Ibu menyusui hanya perlu menghindari makanan yang telah terbukti menimbulkan alergi pada bayi yang disusuinya,” lanjut Zaki.

Saat anak mulai dikenalkan pada makanan padat, ibu juga tak perlu menunda pemberian makanan yang bisa menimbulkan alergi tersebut. Pengenalan makanan padat dapat dilakukan pada usia 6 bulan.

Selain itu, pencegahan alergi juga bisa dilakukan dengan menghindari paparan asap rokok  saat hamil maupun saat bayi telah lahir.

Dalam acara yang sama, dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi  Ikatan Dokter Anak Indonesia Budi Setiabudiawan mengatakan, alergi harus dikenali sejak dini meski pada  alergi makanan biasanya akan hilang setelah anak berusia 5 tahun. Sebab, alergi dapat memengaruhi tumbuh kembang ana.

Namun, ada beberapa alergi yang bertahan hingga anak dewasa seperti alergi udang dan kacang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.