Kompas.com - 21/04/2015, 11:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


JAKARTA, KOMPAS.com
– Seringkali wanita mengalami masalah dengan menstruasi yang normalnya datang satu kali dalam satu bulan ini. Salah satu gangguan saat menstruasi yaitu, pendarahan berlebih atau Heavy Menstrual Bleeding (HMB).

Profesor Obstetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia Biran Affandi mengungkapkan, HMB cukup banyak dialami wanita. Namun, sering kali para wanita tidak sadar bahwa darah yang keluar saat menstruasi melebihi batas normal.

“Banyak wanita enggak sadar bahwa pendarahan menstruasi berlebih terjadi pada dia. HMB bisa terlihat apakah dia perlu banyak ganti pembalut dalam satu hari,” ujar Biran dalam diskusi di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Biran menjelaskan, normalnya saat menstruasi darah yang keluar tak lebih dari 80 mililiter. Pada wanita yang mengalami HMB, ia akan lebih sering mengganti pembalut terutama pada malam hari. Bahkan, penggantian pembalut bisa terjadi setiap jam berturut-turut.

Selain itu, HMB juga bisa ditandai dengan lamanya terjadi menstruasi. Menurut Biran, menstruasi yang normal biasanya hanya terjadi selama lima hari.

Orang yang mengalami pendarahan berlebih saat menstruasi biasanya akan merasa lemas. Jika dibiarkan, kondisi HMB ini dapat menyebabkan anemia.

"Kalau wanita sering merasa lemas hingga enggak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena menstruasi, misalnya enggak bisa mengantar anak ke sekolah. Itu bisa jadi ada perdarahan menstruasi berlebih," terang Biran.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X