Kompas.com - 02/05/2015, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mau memiliki perut ramping dan kencang. Sayangnya, tak semua orang beruntung memilikinya. Pola makan yang tidak terkontrol dan kurang melakukan aktivitas fisik adalah salah satu penyebabnya.

Tumpukan lemak di perut sebenarnya berdampak serius bagi kesehatan. Ini karena lemak di bagian perut adalah lemak visceral yang dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mengingat bahayanya, lakukan langkah-langkah ini untuk mengecilkan perut.

- Jangan berhenti bergerak
Ada satu hal positif dari lemak visceral, yakni mudah dibakar dengan latihan aerobik. Lakukan olahraga aerobik rutin seperti bersepeda, lari, berenang, dan berbagai kegiatan olahraga lainnya yang meningkatkan denyut jantung.

- Konsumsi protein
Protein berperan penting jika Anda ingin menurunkan berat badan. "Tubuh kita akan menghasilkan insulin lebih banyak seiring pertambahan usia, ini karena otot dan sel lemak tak lagi merespon dengan baik," kata Louis Aronne, direktur klinik obesitas.

Hormon insulin akan membuat penyimpanan lemak lebih banyak, terutama di bagian perut. Pola amakan tinggi protein diketahui akan melindungi tubuh melawan resistensi insulin. Karena itu, kurangi karbohidrat dan perbanyaklah porsi protein dalam pola makan Anda.

- Kurangi lemak jenuh
Lemak jenuh ditemukan lebih banyak di lemak visceral dibandingkan dengan lemak tak jenuh. Lemak jenuh ini bisa kita temukan dalam daging merah, makanan yang digoreng, atau pun mentega.

- Tidur cukup
Tidur sekitar 5 jam atau kurang setiap hari bisa meningkatkan kadar lemak visceral. Selain itu, penelitian menunjukkan, wanita yang tidur dan bangun di jam yang sama setiap malam memiliki jumlah lemak tubuh lebih sedikit. Tidur yang teratur akan membuat jam biologis juga lebih baik.

- Bersahabat dengan teh hijau
Selain rutin berolahraga, jangan ragu untuk mengonsumsi teh hijau. Kandungan antioksidan di dalam teh ini bisa membantu membakar lemak.

-

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.