Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2015, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan momongan, bukan hanya kesehatan calon ibu yang harus diperhatikan keseuburannya, tapi calon ayah juga. Tak heran, demi mendapatkan buah hati berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mengatur pola makan, berolahraga secara teratur, menjaga pola tidur, dan menerapkan pola hidup sehat. Bukan hanya itu, terapi secara medis dan alternatif juga dilakukan. Salah satu terapi alternatif yang bisa dilakukan oleh calon ayah adalah akupunktur. Namun, benarkah akupunktur bisa meningkatkan kesuburan pria?

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perawatan akupunktur teratur, bisa secara signifikan meningkatkan jumlah sperma. Namun, agar bisa benar-benar efektif,  jumlah sperma minimal harus 10 sampai 12 juta sperma bergerak per ejakulasi agar bisa membuat calon ibu hamil. Sayangnya, para pria dalam penelitian tersebut tidak berhasil mencapai jumlah tersebut. 

Meski demikian, penelitian terbaru telah menunjukkan "hasil" lebih cerah. Akupunktur terbukti dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. Dalam jurnal Fertility and Sterility pada 2005, para peneliti menganalisis contoh sperma dari pria yang mengalami infertilitas, sebelum dan setelah perawatan akupunktur. Mereka menemukan, bahwa akupunktur bisa menyehatkan kelainan bentuk sperma yang kecil dan meningkatkan jumlah normal sperma.

Banyak pakar berpendapat, efektivitas akupunktur masih membutuhkan penelitian lebih lanjut yang lebih besar. Di beberapa penelitian yang telah disebutkan, pasien dan penyedia jasa kesehatan tahu bahwa akupunktur dilakukan untuk penelitian, sehingga penelitian tersebut tidak “buta” dan keberhasilan perawatan mungkin berkat efek plasebo. Bisa jadi, keyakinan pasien akan akupunkturlah yang membuat perawatan itu berhasil.

Sebenarnya, tidaklah penting apakah keberhasilan akupunktur terjadi karena efek plasebo atau bukan. Terpenting adalah akupunktur itu relatif aman, dan jika memang bisa meningkatkan kesuburan, bahkan jika disebabkan keyakinan calon ayah sekali pun, terapi ini layak untuk dicoba.

Langkah pertama yang terbaik dalam mengatasi masalah kesuburan adalah menghubungi spesialis. Jika calon ayah memutuskan untuk mencoba akupunktur, carilah ahli akupunktur bersertifikat atau dokter yang memang mendalami akupunktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com