Kompas.com - 21/06/2015, 19:11 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com  - Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa diet justru menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, jika diet yang Anda jalani tak berhasil menurunkan berat badan sesuai target, jangan berkecil hati, lakukanlah tiga hal berikut.


1. Mulai kenali tanda lapar dan kenyang tubuh

Pelajari kembali untuk memercayakan metabolisme pada tubuh Anda sendiri. Faktanya, tubuh lebih pintar dan lebih kuat dari yang Anda bayangkan. Kenali kapan tubuh benar-benar merasa lapar dan sinyal yang dikirimkan tubuh saat benar-benar merasa kenyang. Hindari kebiasaan menyangkal rasa kenyang, ketika makanan belum habis.

Sinyal rasa lapar dan rasa kenyang yang dikirimkan oleh tubuh sebenarnya adalah tanda alami dari tubuh tentang berapa banyak kalori yang dibutuhkan. Ini memang bukan hal mudah, tapi Anda bisa memulainya dengan komitmen. Cobalah dua sampai tiga hari dan rasakan perbedaannya pada tubuh. Jika Anda semakin terbiasa dengan pola makan seperti ini, maka berat badan akan turun dengan sendirinya.

2. Berhenti memikirkan tentang diet

Semakin Anda berpikir harus menjalani diet, semakin sulit Anda menerapkan pola makan sehat untuk tubuh Anda. Setiap saat Anda berkata pada diri sendiri, “besok saya akan mulai diet,” akan semakin sering Anda mengonsumsi makanan tak sehat. Mengingatkan diri untuk menjalani diet akan membuat Anda tersiksa dan tak pernah siap untuk mengonsumsi makanan sehat. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih makanan dengan tepat tanpa perlu merasa tertekan.

3. Temukan makanan yang paling tepat bagi tubuh Anda

Saah satu alasan yang membuat Anda makan berlebih adalah karena makanan yang dikonsumsi selama diet tidak membuat tubuh Anda merasa nyaman dan tak membuat Anda tersiksa, karena sulit menikmatinya. Luangkan waktu untuk menemukan makanan apa yang bergizi sehat, kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan yang tak kalah penting adalah Anda menyukai makanan ini. Jangan lupa, tubuh Anda akan menuntun Anda untuk menjaga berat badan sehat dan ideal, Anda hanya perlu mendengarkan sinyal tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.