Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2015, 14:00 WIB


KOMPAS.com
- Bukan hanya menu makanan atau rasa makanan yang memengaruhi nafsu makan seseorang. Warna piring yang dipakai untuk menyantap makanan juga berpengaruh pada nafsu makan . Salah satunya adalah piring berwarna merah yang dianggap bisa meningkatkan nafsu makan.

Piring adalah hal pertama yang ditangkap oleh mata, sebelum seseorang mulai makan. Tampilan visual piring akan memengaruhi persepsi seseorang tentang rasa makanan sebelum ia mulai menyantap hidangan tersebut.

Selain piring berwarna merah, makanan berwarna merah juga memberikan efek sama. Tak hanya  membuat nafsu makan meningkat, makanan berwarna merah ternyata juga membuat perasaan seseorang lebih bahagia. Hal ini dikatakan oleh Brandt Maybury, seorang pakar spesialis rasa. Warna ternyata berpengaruh kuat pada emosi manusia.

Menurut Maybury, warna merah terkait dengan perasaan intim, gairah, dan energi. Hal ini bertolak belakang dengan warna hijau, yang melambangkan keindahan alam. Menurut otak, warna hijau identik dengan sehat, organik, dan tenang. Karena itulah, orang yang sedang diet biasanya merasa lebih aman saat menyantap makanan berwarna hijau. Selain merah, oranye ternyata juga bisa merangsang orang. Makanan berwarna oranye memiliki efek menyegarkan dan merangsang nafsu makan.

Nah, jika saat ini Anda sedang kehilangan nafsu makan, memakai piring berwarna merah bisa jadi cara mudah untuk mengembalikan nafsu makan, bahkan meningkatkan nafsu makan. Tapi, untuk Anda yang sedang diet, ada baiknya menghindari warna ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com