"Social Smoker" Juga Berisiko Sakit Jantung dan Kanker Paru

Kompas.com - 24/07/2015, 09:15 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Tidak merokok setiap hari atau hanya merokok ketika berkumpul dengan teman-teman biasanya disebut social smoker. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh para wanita.

Sayangnya, banyak yang berpikir tidak merokok setiap hari atau kurang dari lima batang per hari aman bagi kesehatan. Ini adalah pemikiran yang sangat keliru.

Dokter spesialis paru di Lenox Hill Hospital, New York City, Len Horovitz, mengungkapkan, merokok pada tingkat yang ringan tetap berdampak buruk bagi kesehatan. Ia mengatakan, merokok kurang dari lima batang per hari masih berisiko tiga kali lipat terkena penyakit jantung.

Bahkan, sebuah penelitian oleh British Heart Foundation tahun lalu juga menemukan bahwa merokok hanya satu batang per hari dapat meningkatkan hingga tiga kali lipat risiko penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Risiko menderita kanker paru juga lebih tinggi pada wanita yang merokok setidaknya satu batang per hari.

Menurut peneliti, banyak wanita terjebak pada pemikiran bahwa menjadi perokok ringan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam penelitian ini, dokter Carole Holahan dari University of Texas di Austin menyurvei sekitar 9.800 wanita berusia 18 sampai 25 tahun. Sekitar 60 persen merupakan perokok ringan atau tidak merokok setiap hari.

"Mereka bahkan menganggap dirinya bukan sebagai perokok dan dapat berhenti merokok dengan mudah," kata Patricia Folan, Direktur Pusat Pengendalian Tembakau di North Shore-LIJ.

Padahal, menurut Folan, kebanyakan perokok ringan tanpa disadari akan meningkatkan intensitas merokoknya sehingga menjadi perokok berat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Dailymail
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X