5 Faktor yang Membuat Nyamuk Lebih Menyukai Anda

Kompas.com - 18/08/2015, 15:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Musim kemarau, nyamuk bertambah banyak. Meski Anda sudah memasang kelambu dan menyemprot semua ruangan, tetap saja nyamuk punya cara untuk masuk. Semua anggota keluarga terkena gigitannya tapi ada satu orang yang paling nyamuk sukai, yaitu Anda!

Menurut Joseph Conlon, penasehat teknis American Mosquito Control Association dan Dr. Marie Jhin, ahli kesehatan kulit di San Francisco, inilah lima sebab nyamuk sangat menyukai Anda.

1 . Genetik

Sayangnya, apa yang membuat nyamuk mengganggap Anda sebagai makanan yang sempurna, berada di luar kontrol siapapun. "Sebagian daya tarik Anda terhadap nyamuk bersifat genetik," kata Conlon. Kulit Anda menghasilkan beberapa jenis bakteri ketika berkeringat dan itu sangat menarik untuk nyamuk. Plus golongan darah menentukan. Sebuah studi dari Institute of Pest Control Technology tahun 2004 menemukan bahwa nyamuk lebih tertarik golongan darah O dari tipe A atau B.

2 . Anda bernapas

Nyamuk juga suka pada manusia dengan level metabolik tubuh yang tinggi karena mereka memroduksi lebih banyak karbondioksida. Inilah mengapa wanita hamil lebih banyak digigit nyamuk, karena mereka bernapas lebih berat dan lebih sering, kata Colon.

Ini juga jawaban mengapa nyamuk lebih hobi berkerebung di dekat pria daripada wanita. Rata-rata pria bertubuh lebih besar sehingga lebih banyak menghasilkan karbondioksida. Nyamuk diciptakan untuk bisa mendeteksi manusia melalui senyawa itu.

3. Berkeringat

Nyamuk tertarik pada bakteri atau senyawa yang hidup di keringat Anda, salah satunya asam laktat. Nyamuk juga dapat mendeteksi panas tubuh yang disimpan oleh pakaian berwarna gelap dan dihasilkan oleh gerakan Anda, demikian menurut Jhin.

4. Parfum beraroma tumbuhan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X