Kompas.com - 21/08/2015, 12:50 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Seiring dengan pertambahan usia, rambut kita pun akan mulai memutih. Perubahan warna rambut ini disebabkan oleh penurunan melanin secara alami. Hal yang sama sebenarnya juga terjadi pada rambut di bagian tubuh.

Seluruh rambut di bagian tubuh yang mulai tumbuh saat kita mengalami pubertas, misalnya rambut di ketiak, organ genital, atau rambut di dada pada pria, dikontrol oleh hormon.

Pada perempuan, memasuki usia pertengahan kadar hormon estrogen akan turun. Pertumbuhan rambut-rambut di tubuh pun akan terpengaruh sehingga menjadi lebih tipis. Bahkan, sebagian besar orang menyadari penurunan pertumbuhan rambut di kaki atau tangan.

"Berkurangnya jumlah rambut di tubuh adalah akibat hormon, walau bisa juga terjadi karena berkurangnya blok pembangun saat kita makin tua. Kulit makin tipis sehingga jaringan subkutan juga berkurang, folikel pun lama-lama mengecil sehingga tekstur rambut menjadi halus," kata Rebecca Kazin, direktur medis John Hopkins Dermatology and Cosmetic Center.

Tetapi terkadang perubahan hormonal yang menyebabkan rambut di bagian tubuh tertentu menipis, justru merangsang pertumbuhan rambut di bagian wajah. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar testosteron. Sebagian orang mengeluhkan bulu-bulu halus di atas bibir atau dagu menjadi lebih tebal.

Seperti halnya rambut di kepala, rambut di bagian tubuh juga bisa menjadi putih. Tetapi rambut di kepala lebih cepat menjadi beruban dibanding bagian tubuh.

"Cepat lambatnya rambut di kepala dan tubuh memutih sangat dipengaruhi faktor genetik," katanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.