Kompas.com - 17/09/2015, 13:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebagian dari kita memiliki masalah bau badan. Berbagai jenis deodorant dan parfum jadi pilihan untuk menghilangkan bau yang kurang enak. Sayangnya, hal tersebut tidak selalu berhasil. Tahukah kita bahwa makanan yang dikonsumsi ternyata memengaruhi bau badan? Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau badan tak sedap, serta tips untuk menghilangkannya.

1. Daging merah

Tahun 2006, peneliti dari Republik Ceko mengumpulkan sampel keringat dari orang yang makan daging dan orang yang vegetarian. Kemudian, sekelompok wanita diminta untuk mengidentifikasi bau yang paling tidak enak atau tidak sedap. Hasilnya adalah, orang yang vegetarian ternyata memiliki bau badan yang lebih baik dan memikat daripada mereka yang pemakan daging.

Untuk mencegah potensi bau, sebaiknya kurangi asupan daging merah. Kita bisa menggantinya dengan makanan laut atau sayuran yang lebih sehat pula.

2. Kari

Rasa kari atau gulai ayam memang begitu nikmat. Namun, aroma rempah-rempah yang terdapat pada kari ternyata akan membuat rumah sendiri di dalam pori-pori kita. Inilah yang kemudian memunculkan bau kurang sedap pada tubuh. Untuk mendapatkan aroma tubuh yang lebih segar akibat kari, kita bisa mencoba bibit aromatik dari kawanan jahe.

3. Bawang putih

Bumbu masak yang satu ini sudah diketahui sejak lama dapat menciptakan bau badan yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin, serta senyawa sulfur lainnya yang disebut allicin. Allicin dengan cepat terurai setelah dikonsumsi dan mengubah zat lain yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat, dan menghasilkan bau tak sedap yang kuat.

Jika masalah bau badan akibat bawang putih, kita dapat mengoleskan cuka putih atau sari buah apel pada ketiak.

4. Sayur asparagus

Sayur asparagus akan menyebabkan bau urin, karena senyawa sulfur mercaptan terurai di dalam sistem pencernaan. Namun, ada pula yang setelah mengonsumsi asparagus tidak mendapati urin yang berbau. Hal tersebut karena tubuh tidak memiliki enzim untuk menghancurkan mercaptan. Sayur asparagus bisa diganti dengan paprika panggang untuk dikonsumsi, sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap.

5. Sayuran silang

Brokoli dan kubis termasuk dalam kategori sayuran silang. Sayuran ini memang memberikan nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan sel karsinogenik. Namun, ternyata sayuran silang juga mengandung sulfur, sehingga bertanggung jawab atas bau badan yang tak sedap.

Mengonsumsi sayuran memang penting untuk kesehatan, kita bisa mengganti sayuran hijau lainnya jika ingin membatasi asupan brokoli dan kubis. Jangan lupa, untuk sedikit mengurangi efek bau dari sayuran, sebelum benar-benar dimasak, rebuslah sayur sebentar.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X