Kompas.com - 27/09/2015, 12:06 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Dalam tiap tahap kehidupan, tubuh ternyata membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda untuk bisa produktif sepanjang hari. Temukan makanan tepat yang bisa menjadi suntikan energi sesuai usia Anda maupun keluarga.

 

USIA REMAJA

- Makan steak atau daging minimal 3 kali seminggu, terutama bagi para gadis. Daging menyediakan zat besi yang paling mudah diserap tubuh, akan sangat baik bila dikonsumsi selama masa menstruasi. Zat besi yang cukup sangat baik untuk menunjang kesehatan dan masa pertumbuhan.

Menurut National Diet and Nutrition Survey (NDNS), 46% gadis usia 11-18 memiliki asupan zat besi kurang dari yang seharusnya, sehingga membuat mereka mudah lelah dan gampang pusing.

- Makan tiram.  Atau makanan lain yang kaya akan zinc seperti kepiting, telur, kacang-kacangan. Zinc akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah sakit.

- Pastikan ada sumber kalsium setiap hari, seperti susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, seafood, maupun kacang-kacangan. Kalsium yang cukup akan membuat tulang kuat dan membantunya tumbuh tinggi.

 

USIA 20

- Seringlah makan segenggam buah berry. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, meningkatkan imun, dan mencerahkan kulit secara alami.

- Kacang-kacangan untuk tulang yang lebih kuat. Sama seperti remaja, usia 20an merupakan masa satu-satunya yang kita miliki untuk pertumbuhan tulang optimal. Untuk itu, pilihlah makanan yang kaya kalsium, termasuk susu rendah lemak, ikan tulang lunak, maupun kacang-kacangan.

- Ikan yang kayak minyak sebagai sumber vitamin D. Vitamin D akan memudahkan tubuh dalam penyerapan kalsium. Penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.