Kompas.com - 13/10/2015, 18:11 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika Anda pernah mengalami naiknya asam lambung - yaitu ketika makanan dan asam lambung melaju di jalan yang salah, sehingga menciptakan sensasi terbakar di kerongkongan , ini tentu bukan kondisi yang menyenangkan.

Asam lambung dapat menyebabkan berbagai hal yang tidak menyenangkan, seperti halitpsis dan kanker esofagus. Tapi, tenang ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah naiknya asam lambung.


1. 
Kenali makanan pemicu

Menurut Jeffrey Alexander, kepala klinik esophagus di Mayo Clinic, ada banyak makanan yang bisa memicu masalah pencernaan. Makanan pedas, coklat, permen, jeruk, bawanng,  dan cabai adalah beberapa makanan yang dapat menganggu sistem pencernaan.

Namun, makan makanan yang berlemak dan dalam jumlah porsi besar merupakan faktor utama yang menyebabkan refluks. Ini karena lemak melembutkan otot sfingter, yang menjaga bagian bawah kerongkongan. Tanpa “segel” yang kuat, asam lambung bisa naik dengan mudah.


2. 
Waspadai minuman

Minuman berkarbonasi, jus buah, alkohol, dan bahkan kopi favorit Anda bisa menyebabkan asam lambung. Kafein juga bisa melemaskan otot esofagus sfingter yang akan membawa asam lambung ke kerongkongan, menurut Amy Griss, MPH, RD, CDN dan seorang ahli gizi dari RS New York Presbyterian. Buat jurnal minuman yang Anda konsumsi  dalam sehari, dari sini Anda bisa melihat minuman apa yang memicu asam lambung Anda.

3. Turunkan berat badan

Berat badan berlebih cenderung memiliki masalah pada pencernaan. “Peningakatan BMI (Body Mass Index) berkaitan dengan peningkatan refluks, terutama mereka yang berperut besar,” ujar Alexander. Jalan terbaiknya adalah dengan tidak lagi mengonsumsi makanan berlemak dan mulailah menurunkan berat badan. Selain itu, yang tak kalah penting adalah olahraga, seperti bersepeda atau olahraga apapun yang nyaman bagi Anda.

 
4. Perbanyak minum air putih

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.