Kompas.com - 22/10/2015, 09:45 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebelum berolahraga Anda tentu akan menyiapkan diri sebaik mungkin, mulai dari menyiapkan minum, makanan rendah kalori, pakaian yang akan dipakai hingga gadget pendukung olahraga. Tapi, selain menyiapkan berbagai hal tersebut untuk mendukung performa Anda berolahrga, ada juga beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan menjelang berolahraga.


1. Mengonsumsi minuman beralkohol

“Berapapun banyaknya Anda minum alkohol sebelum berolahraga, efeknya takkan baik,” ujar Mike Donavanik, pelatih bersertifikat. Bagaimanapun juga, minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi, penyempitan pembuluh darah, menimbulkan kantuk, mengganggu fungsi motorik, dan berbagai efek buruk lain yang tidak kondusif untuk berolahraga.

“Yang lebih berbahaya, minum minuman beralkohol meskipun hanya satu gelas, dapat menurunkan kadar gula darah Anda, yang dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan berisiko mengalami cedera,” ujar Georgia Fear R.D., penulis Lean Habits for Lifelong Weight Loss.

2. Minum air putih terlalu banyak dalam waktu singkat

Sejam sebelum berolahraga, Anda baru menyadari bahwa Anda kurang minum hari ini, sehingga Anda memaksakan minum dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi, hati-hati, terlalu banyak minum dapat membahayakan kesehatan Anda.

Ginjal dapat memroses hingga satu liter air dalam waktu sejam. Jika Anda minum lebih dari itu, Anda bisa berisiko mengalami hyponatremia, di mana darah menjadi encer dan konsentrasi ion sodium menurun terlalu rendah, jelas Fear.

Gejalanya antara lain, kehilangan energy, otot terasa lemahdan kram, yang mana ini semua takkan mendukung tubuh untuk berolahraga. Bahkan yang lebih berbahaya, kondisi ini jika tak segera diatasi bisa menyebabkan koma.

Kabar baiknya, Anda tak mungkin dapat minum dua liter air sekaligus sebelum berolahraga, tapi Donavanik menyarankan untuk minum sedikit mungin menjelang berolahraga, dua atau tiga gelas air tiga jam sebelum olahraga. Jika perut Anda penuh dengan air, ini akan mengganggu  aktivitas olahraga.  

Anda tak dapat melakukan sprint dan melompat dengan baik. “Ketika bergerak, Anda akan merasakan air bergoyang-goyang di dalam perut, dan tentu saja rasanya sangat tidak nyaman. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kram,” ujarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.