Kompas.com - 25/10/2015, 13:59 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Buah alpukat, selain rasanya yang lezatjuga mengandung berbagai nutrisi. Bahkan, kandungan gizi dalam buah alpukat miliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut 7 manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

1. Mencegah Bayi dari Gangguan Tulang

Asam folat yang terkandung pada alpukat penting dalam pengembangan organ tubuh bayi. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur, karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal.

2. Mencegah cacat syaraf pada janin

Selain mencegah deformitas, asam folat dalam buah alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkir, dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.

3. Mencegah komplikasi

Pada masa kehamilan ada kondisi seorang ibu mengalami kelelahan, maka asam folat dikenal untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia.

Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, penyebab kematian yang tinggi pada bayi, karena menyebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi 5-8% pada kehamilan.

4. Asupan Kalsium

Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda, termasuk kalsium. Di sinilah peran alpukat yang kaya kalsium untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.