Kompas.com - 15/11/2015, 17:03 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perkembangan otak bayi sebenarnya sudah dimulai sejak di dalam kandungan dan setelah bayi lahir, otaknya akan mengalami perkembangan yang semakin pesat. Karena itu, bayi membutuhkan berbagai nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang otaknya. Otak bayi pun berbeda dengan otak orang dewasa.

Berikut ini adalah 5 fakta mengejutkan seputar otak bayi yang perlu orangtua ketahui, seperti yang dilansir dari situs whattoexpect.com, berikut ini:

 

1. Sebuah pelukan membuat otak bayi menjadi lebih besar

Sebuah pelukan kasih sayang yang diberikan oleh ibu, ternyata terbukti dapat membuat otak bayi menjadi lebih besar ketimbang bayi yang tak mendapatkan banyak pelukan dari ibunya.

 

Tak hanya itu, penelitian dari Washington University di St. Louis mengamati adanya pertumbuhan pada bagian dari otak yang bertanggung jawab pada memori dan modulasi stres, yakni hippocampus.

Selain itu, para peneliti juga menemukan adanya bentuk otak bayi yang lebih besar dan berkembang saat menerima pelukan dari ibunya.  Sayangnya, penelitian tersebut tidak menguji pengaruh pelukan dari sang ayah.

 

2. Otak bayi lebih aktif dibanding otak Anda

Bayi terlahir dengan neuron-neuron yang jumlahnya mencapai 100 triliun. Selama setahun pertama, neuron-neuron itu akan terhubung satu dengan yang lainnya, hingga mencapai dua kali lipat. Hal itulah yang menjadi dasar si kecil untuk memahami dunia.

 

Setelah 12 bulan otak bayi akan membesar dua kali lipat dari ukuran semula. Saat itulah, banyak koneksi saraf yang terbentuk. Hanya dengan mengamati dunia di sekitarnya, sudah cukup untuk merangsang otak mudanya.

 

3. Bayi adalah makhluk pemimpi

Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.