Kompas.com - 04/01/2016, 13:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan yang sudah kita ketahui. Mulai dari mencegah obesitas, diabetes, hingga mencegah penyakit jantung. Tapi, ternyata, olahraga juga bermanfaat untuk menyehatkan usus dan otak.

Tim peneliti dari Universitas Colorado-Boulder mengungkapkan, olahraga dapat meningkatkan beragam bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Immunology and Cell Biology, mereka menemukan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan sedini mungkin, dapat mengubah mikroba usus menjadi lebih baik dan membantu mengoptimalkan kesehatan otak.

“Latihan fisik memengaruhi banyak aspek kesehatan, mulai dari metabolisme dan mental. Saat ini, mulai melihat plastisitas mikroba usus,”ujar Monika Fleshner, seorang peneliti senior dari Departemen CU-Boulder.

Peneliti menjelaskan, dalam usus manusia penuh dengan triliunan mikroorganisme. Organisme tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia dan memengaruhi beberapa fungsi saraf. Menurut peneliti, hal ini sangat berpengaruh pada fisiologi manusia.

Dalam penelitian yang dilakukan, rutin berolahraga juga akan meningkatkan jumlah bakteri probiotik. Bakteri ini sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan, antara lain membantu mencerna makanan dalam usus, mencegah peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Fleshner menjelaskan, mikroba yang sehat ternyat berkaitan dengan fungsi otak yang sehat, bahkan memberikan efek antidepresan. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa otak manusia merespon sinyal mikroba di usus.

Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat bagaimana mikroba dapat mempengruhi fungsi otak lebih lama. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak berolahrga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.