Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2016, 07:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bila di tahun ini Anda telah membuat resolusi untuk hidup lebih sehat, berolahraga lebih rutin tentu menjadi salah satu do-to-list yang perlu diwujudkan sepanjang tahun.

Sayangnya, hampir setengah dari pembuat resolusi mengalami kegagalan dalam mewujudkan olahraga rutin setiap tahunnya. Bila ini yang kerap Anda alami, atau Anda sedang berusaha untuk mewujudkannya di tahun yang baru ini, ada metode olahraga baru yang dinilai lebih menyenangkan.

Seperti yang dirilis dalam The New York Times, ada metode latihan baru yang terbukti secara ilmiah mampu membakar kalori dan meningkatkan kemampuan atletik tubuh dalam waktu yang relatif singkat.

Para responden yang mengikuti metode ini juga terbukti lebih menikmati latihan mereka. Metode tersebut ialah “10-20-30”.

Singkatnya, metode 10-20-30 dimulai dengan olahraga ringan, baik itu berjalan, berlari, bersepeda, atau kegiatan cardio lain selama 30 detik. Kemudian, selama 20 detik berikutnya, Anda diminta melakukan olahraga yang sama namun dengan kecepatan yang lebih tinggi. Dan di 10 detik terakhir, Anda melakukannya dengan kecepatan paling penuh yang Anda bisa.

Lalu setelah Anda menyelesaikan satu siklus 10-20-30 selama 1 menit tersebut, ulangi prosesnya selama  empat kali dan beristirahatlah selama dua menit.

Bila Anda sukses melakukannya selama 12 menit, Anda sudah melakukan latihan intensitas tinggi Interval yang meningkatkan tekanan darah, kemampuan atletik, dan peningkatan perasaan senang layaknya berolahraga santai selama 40 menit hingga 1 jam.

Studi yang dilakukan oleh Dr. Jens Bangsbo, profesor psikologi di University of Copenhagen, Denmark, tersebut dinilai bisa membuat seseorang lebih cepat merasa fit dan sehat ketimbang melakukan olahraga ringan kebanyakan.

Bila Anda ingin menerapkannya, Dr. Bangsbo merekomendasikan untuk memulainya sebanyak 1-2 kali di sela-sela olahraga rutin Anda per minggu.

Studi yang dipublikasikan dalam The Scandinavian Journal of medicine & Science in Sports ini dianggap sangat membantu para pelaku olahraga pemula untuk bisa hidup lebih sehat dengan cara yang menyenangkan.

Dan jika tujuan Anda berolahraga ialah untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, tambahkan sesi 10-20-30 selama 5 menit tanpa berhenti. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Namun, untuk mengurangi risiko cedera, sebaiknya hindari melakukan metode ini terlampau sering, misalnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Mulailah secara bertahap, dari sekali seminggu, 2 kali dalam seminggu, lalu menjadi 3 kali dalam seminggu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gabungkan metode ini dengan olahraga harian Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com