Kompas.com - 08/01/2016, 16:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mengisi perut di antara jam makan, yaitu jam 10 pagi atau 3 sore dinilai bisa memenuhi kecukupan gizi harian di samping mencegah Anda makan besar secara berlebihan.

Banyak pula penelitian yang memiliki hasil beragam tentang cara ngemil dan pengaruhnya terhadap berat badan, sehingga pilihan makanan ringan yang sehat telah dikaitkan dengan pengurangan berat badan.

Namun, menurut Toby Smithson, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics sekaligus pendiri Diabetes EveryDay, permasalahan utama saat ini ialah banyak camilan yang dipasarkan sebagai makan "sehat" padahal sebenarnya tidak.

Sejumlah camilan mengandung banyak gula yang bisa meningkatkan gula darah dan akhirnya menguras energi tubuh untuk mengolahnya. Sehingga bukannya menambah energi, malah membuat Anda lapar dan ingin makan lagi untuk menambah energi.

Jadi, bila Anda berada dalam misi penurunan berat  badan, Smithson menyarankan untuk menghindari beberapa camilan sehat yang bikin lapar ini:

 

Energi bar

Energi bar bisa menjadi solusi penambah energi dalam keadaan “darurat”, misalnya Anda terjebak macet panjang yang membuat tubuh lelah sedangkan jam makan malam sudah hampir terlewat. Energi bar juga akan menolong Anda terhindar dari gangguan perut karena telat makan.

Namun, bila Anda memutuskan untuk menjadikan energi bar sebagai camilan di tengah waktu makan, ia sarat dengan gula tambahan, sodium, dan jumlah kalori yang relatif tinggi. Sudah begitu, bentuknya yang kecil tak akan membuat Anda kenyang dan malah ingin nambah lagi.

Lebih baik makan yang lebih bervolume namun kaya nutrisi, seperti semangkuk buah-buahan atau salad sayur.

 

Smoothie

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Greatist
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.