Kompas.com - 11/01/2016, 17:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda mungkin tidak pernah berpikir, bahwa aroma yang dihirup oleh indera penciuman ternyata memiliki efek pada berapa banyak tidur yang Anda dapatkan di malam hari atau bagaimana aroma tertentu akan membangunkan Anda di pagi hari tanpa perasaan kaget dan jantung berdebar layaknya bunyi alarm. Tetapi, beberapa perangkat baru ini tampaknya akan segera membuktikannya pada Anda.

Meskipun beberapa perangkat masih harus melewati tahapan pengujian oleh para ilmuwan independen untuk dilihat efektivitasnya, beberapa studi yang telah dilakukan sangat mendukung gagasan bahwa aroma dapat memodifikasi tidur.

Berdasarkan sebuah studi tahun 2005, aromaterapi lavender berhasil mempercepat waktu tidur 31 koresponden dan membuat tidur mereka lebih nyenyak.

Salah satu produk yang menggunakan khasiat lavender tersebut bernama Sleepion, buatan perusahaan gadget Jepang Cheero. Mereka menggunakan kombinasi aroma, lampu, dan suara untuk membantu tidur Anda menjadi lebih cepat dan nyenyak. Perangkat ini telah dipamerkan dalam CES Unveiled, sebuah perhelatan teknologi bertaraf internasional.

Sleepion menggunakan minyak aromaterapi untuk membuat aroma, termasuk lavender, cedar dan geranium. Namun, sejauh ini Sleepion masih berbentuk prototipe dan perusahaan berharap dapat memasarkannya pada Maret 2016.

Produk lain yang dipromosikan ialah SensorWake, bertujuan untuk membangunkan Anda di pagi hari tanpa bunyi alarm yang bikin kaget.

Perangkat ini menggunakan aroma seperti espresso, cokelat, dan peppermint untuk membawa Anda terjaga. Aroma datang dari dalam kapsul dan kapsul tersebut dapat digunakan selama satu bulan.

Perangkat mungkin tidak bekerja bila Anda memiliki hidung tersumbat. Namun, jika Anda tidak bangun dalam waktu 3 menit setelah aroma dikeluarkan, perangkat ini memiliki cara lain: bunyi alarm konvensional untuk membangunkan Anda. SensorWake dinyatakan akan hadir pada bulan Juni.

Namun, ada atau tidaknya perangkat ini, Anda tetap bisa mulai merasakan manfaat aromaterapi lavender, cedar, dan geranium untuk tidur yang lebih cepat dan nyenyak. Anda juga bisa minta tolong pada pasangan untuk membuatkan secangkir kopi, bila Anda membutuhkan energi lebih untuk bangun di pagi hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.