Kompas.com - 26/01/2016, 16:05 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Apakah Anda tahu bahwa kandungan lemak trans yang cukup banyak pada makanan kemasan sudah masuk dalam kategori ilegal? Tahun lalu, FDA akhirnya resmi mengambil tindakan dan memutuskan bahwa lemak trans yang menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat, serta mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, harus dikeluarkan dari semua produk pangan mulai Juni 2018.

Namun, sementara menunggu tahun 2018, nyatanya masih banyak makanan yang kini mengandung lemak trans yang berbahaya, bahkan pada produk dengan label yang mengatakan "0 gram lemak trans." Bagaimana bisa?

Produsen diperbolehkan untuk mengatakan makanan tidak mengandung lemak trans jika setiap porsi memiliki 0,5 gram atau kurang.

Namun bila sebungkus chip nyatanya bisa untuk 3-4 porsi, artinya kandungan lemak trans pada sebungkus makanan ringan tersebut mengandung 2 gram lemak trans. Dan bila Anda menghabiskan sebungkus dalam satu waktu, jumlah lemak trans yang masuk ke dalam tubuh sudah mencapai batas tidak sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Berdasarkan laporan dari Environmental Working Group (EWG) yang mengekspos betapa banyak produk yang mengandung lemak trans, ada sekitar 87% dari makanan kemasan yang mengandung minyak terhidrogenasi.

Sedangkan, minyak tersebut merupakan sumber utama lemak trans dalam makanan.

Berikut adalah beberapa makanan “pelanggar” terbesar yang masih menyimpan lemak trans diam-diam.

 

1. Microwave popcorn

Popcorn mestinya bisa menjadi camilan sehat, tetapi bila bicara soal microwave popcorn yang biasa dijual dalam bentuk kemasan, biasanya mengandung banyak minyak dengan lemak trans.

EWG menemukan bahwa beberapa merek memiliki 5 gram lemak trans atau dua kali lipat melebihi batas konsumsi wajar yang direkomendasikan oleh WHO.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Eat Clean
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X