Kompas.com - 02/02/2016, 17:15 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – World Health Organization (WHO) telah menyatakan virus Zika sebagai ancaman global. Virus Zika menyebarsecara luas di kawasan Amerika Latin dan diduga sebagai penyebab bayi lahir dengan mikrosefali. Hingga saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah infeksi virus Zika.

Dengan begitu, melakukan pencegahan adalah kunci utama untuk melindungi diri dari virus Zika. Virus Zika dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yaitu nyamuk yang juga menularkan virus demam berdarah.

Untuk itu, menurut dokter Clifford Bassett  dari American Board of Allergy and Immunology, cara terbaik untuk melindungi diri dari virus Zika adalah dengan menghindari tubuh dari gigitan nyamuk. Berikut berbagai cara yang dapat kita lakukan.

  • Tidurlah di kamar yang mengenakan AC atau lindungi jendela dengan kawat antinyamuk.
  • Tutup atau buang wadah berisi air bersih yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti. Langkah ini sebenarnya sama saja dengan cara untuk mencegah DBD, yaitu menggunakan rumus 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur barang bekas).
  • Berhati-hatilah saat tidur di siang hari karena nyamuk yang menyebarkan virus Zika cenderung menggigit pada waktu tersebut.
  • Gunakan semprotan atau lotion antinyamuk. Bagi ibu hamil, sebaiknya periksa dulu ke dokter mengenai lotion atau semprotan antinyamuk apa yang aman digunakan selama kehamilan.
  • Kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang. Masukkan, ujung celana panjang ke dalam kaus kaki.
  • Sebaiknya, kenakan pakaian berwarna terang. Sebab, nyamuk biasanya lebih tertarik pada warna gelap.
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang beraroma.
  • Gunakanlah kelambu di kamar tidur.
Selain itu, wanita hamil juga diminta untuk menunda berpergian ke daerah yang sedang terjangkit virus Zika. Virus Zika yang tertular pada ibu hamil dikaitkan dengan kasus bayi lahir dengan mikrosefali atau gangguan perkembangan otak sehingga kepala bayi terlihat berukuran lebih kecil dari bayi normal.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.