Kompas.com - 12/02/2016, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Memeriksa payudara sendiri secara teratur ternyata belum cukup untuk mendeteksi kanker payudara. Setiap wanita seharusnya mengenali bentuk payudara yang normal.

Walau para ahli masih berbeda pendapat mengenai manfaat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari), tetapi penelitian menunjukkan sekitar 20 persen kanker payudara ditemukan saat melakukan Sadari.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan Sadari, seperti dikutip dari breastcancer.org:

- Lakukan Sadari secara teratur satu bulan sekali. Semakin sering dilakukan, kita akan semakin hapal bentuk dan rasa payudara yang normal.

Sadari sebaiknya dilakukan beberapa hari setelah menstruasi berakhir, saat payudara dalam kondisi lembut dan tidak padat.

- Jangan panik jika menemukan benjolan. Sebagian besar wanita memiliki area yang benjol pada payudaranya.

- Tidak ada payudara yang sama persis pada bagian kiri dan kanan. Area atas dan area luar (dekat ketiak) cenderung lebih padat. Sementara bagian bawah payudara terasa sedikit tidak lembut. Demikian juga di area bawah puting.

- Gejala yang perlu diwaspadai adalah ada perdarahan pada puting, cekungan di kulit payudara, puting melesak ke dalam, atau muncul ruam di sekitar puting. Namun, kanker payudara tidak akan menimbulkan gejala ketika ukuran tumornya kurang dari satu sentimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.