Kompas.com - 14/02/2016, 21:57 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Seorang wanita Brasil tak hanya memiliki perut lebih rata dan payudara lebih besar setelah operasi plastik. Ia juga menderita kleptomania selama beberapa minggu.

Setelah beberapa hari rampung operasi kosmetik, seorang wanita berusia 40 tahun melaporkan mulai mengalami pikiran mengganggu berulang dan dorongan kuat untuk mencuri. Hal ini dilaporkan di jurnal daring BMJ Case Reports.

Penjelasan paling mungkin untuk gejala itu adalah si wanita itu mengalami kekurangan aliran darah ke otak di beberapa titik selama atau segera setelah prosedur operasi.

Demikian kata pelapor kasus, Dr. Fabio Nascimento yang saat ini bertugas sebagai ahli saraf di Toronto Western Hospital Kanada. Dulu ia merupakan bagian dari tim medis selama wanita itu dirawat di rumah sakit di Brasil saat hal itu terjadi.

Kekurangan aliran darah menyebabkan otak wanita tersebut kekurangan oksigen dan nutrisi, yang mengakibatkan gangguan fungsi dan kerusakan otak. Kerusakan ini sepertinya mengganggu sirkuit tertentu di otak yang menyebabkan gejala neurologi yang diamati setelah operasi.

Tentu saja ada tanda-tanda wanita tersebut mengalami kelainan mental segera setelah prosedur kosmetik yang terdiri dari sedot lemak, tummy tuck, perbesaran payudara dan pengecilan lengan.

Prosedur itu dilakukan pada 2013. Wanita itu merasa sangat lemah, bingung dan apatis setelah operasi. Ia juga mengalami penyimpangan memori.

Ketika dokter memerintahkan pemeriksaan MRI untuk mengetahui mengapa wanita itu mengalami gejala tersebut, terlihat penurunan aliran darah di bagian-bagian tertentu di otak juga cedera otak akibat kekurangan oksigen di sel-sel daerah yang disebut caudate nucleus yang berhubungan dengan memori dan pembelajaran. Wanita itu sebelumnya tak memiliki riwayat masalah kesehatan mental atau penyalahgunaan obat.

Setelah pulang ke rumah, wanita itu mulai mengalami gejala kleptomania, yaitu keinginan besar untuk mencuri yang diikuti dengan perasaan lega usai melakukannya. Gangguan kleptomania itu hanya berlangsung beberapa minggu. Tetapi hal itu cukup lama membuat wanita itu bermasalah dengan hukum.

Suatu hari ketika belanja hadiah untuk teman anaknya, ia merasa dorongan sangat kuat untuk mencuri barang tertentu dari toko kendati ia punya uang banyak untuk membelinya. Ia mengambilnya dari ruang pajang dan menyimpan di tas dan meninggalkan toko.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.