Kompas.com - 23/02/2016, 20:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan anggap sepele jika mengalami disfungsi ereksi. Dokter spesialis urologi dari RS Premier Jatinegara, Nouval mengatakan, disfungsi ereksi ternyata menjadi sinyal kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung koroner.

"Disfungsi ereksi ternyata bisa menjadi preditor atau bisa meramalkan gangguan yang akan timbul setelahnya, yaitu sakit jantung," ujar Nouval dalam diskusi di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Nouval mengungkapkan, dalam sebuah penelitian, pria dengan disfungsi ereksi kemungkinan mengalami sakit jantung pada tiga tahun berikutnya. Apa hubungannya?

Nouval menjelaskan, seseorang mengalami disfungsi ereksi bisa terjadi karena gangguan pembuluh darah di penis. Pembuluh darah yang terganggu, menyebabkan darah tidak mengalir dengan baik di penis, sehingga sulit ereksi.

Begitu juga yang bisa terjadi dengan pembuluh di jantung. Aliran darah ke jantung pun menjadi tidak lancar.

"Disfungsi ereksi biasanya ditemukan lebih awal. Disfungsi ereksi dulu yang kena, baru sakit jantung," ujar Nouval.

Disfungsi ereksi merupakan ketidakmampuan pria untuk ereksi atau mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pria yang mengalami disfungsi ereksi sebaiknya mewaspadai penyakit kardiovaskuler dan juga memeriksakan kesehatan jantung. Tak hanya penyakit jantung, disfungsi ereksi pun perlu ditangani untuk meningkatkan kualitas hidup.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X