Kompas.com - 07/04/2016, 15:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Secara khusus, spesies cacing tertentu dapat tetap hidup di sushi dan masuk ke orang yang memakannya. Beberapa spesies cacing bisa masuk ke mata dan sistem saraf pusat, menciptakan komplikasi kesehatan yang serius.

 

Jenis cacing apakah yang dapat ditemukan di Sushi?

Nematoda adalah cacing yang biasanya berbentuk bulat, paparan cacing ini berasal dr mengonsumsi ikan laut mentah atau setengah matang, dikenal sebagai anisakiasis.

Di laut, larva cacing dimakan oleh ikan dan hewan lainnya. Jika daging dimasak matang, cacing akan mati. Pendinginan tidak akan membunuh parasit laut. Centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan prosedur pembekuan dan pencairan yang ketat untuk meminimalkan risiko Anda mengonsumsi parasit laut.

Cacing ini memengaruhi saluran pencernaan, dan mereka dapat masuk ke kerongkongan, lambung, atau usus. Larva akan tumbuh menjadi cacing dewasa. Ketika cacing mati, timbul massa meradang dalam tubuh yang dapat menyebabkan komplikasi.

Gejala anisakiasis termasuk sakit perut, diare, dan demam ringan. Mereka yang alergi mungkin mendapat gejala yang kadang-kadang separah anafilaksis.

Cacing pita biasanya ditemukan pada ikan air tawar (atau ikan yang menghabiskan sebagian besar hidup mereka di air tawar). Bahkan, salmon juga bisa membawa cacing pita.

Cacing pita, umumnya tinggal di saluran pencernaan. Dalam banyak kasus, orang dengan kutu cacing pita yang berasal dari sushi tidak akan memiliki gejala apapun.

Namun, jika cacing sudah dewasa dan beekembang biak, dapat menyebabkan diare, tidak enak badan, dan penurunan berat badan. Dalam kasus ekstrim, cacing dapat menyebabkan obstruksi usus.

Gnathostomiasis - infeksi cacing (nematoda) dari genus gnathosoma, adalah yang paling buruk dari semuanya. Cacing parasit ini paling sering terlihat di Asia tenggara dan Afrika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.